Profil

Salah satu Kegiatan Ekonomi yang akan mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi adalah investasi ( Penanaman Modal ). Kegiatan dimaksud akan memberikan kontribusi terhadap pendapatan nasional. Dinamisnya pertumbuhan investasi maka akan memacu berkembangnya sektor lainnya seperti perdagangan, transportasi, jasa, penyerapan tenaga kerja, yang berdampak terhadap pengurangan pengangguran tenaga kerja .Multiplier effects nya adalah dengan adanya kegiatan investasi maka tingkat penyetoran pajak dan retribusi juga akan meningkat.

                  Namun demikian nilai investasi yang berpengaruh terhadap kemajuan pertumbuhan ekonomi pembangunan adalah  adanya kejelasan nilai riil atau realisasi dari rencana investasi.

                Upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan perencanaan dan kebijakan pengembangan Penanaman Modal yang akurat, sistematis, terintegrasinya strategi Pemasaran peluang investasi daerah, pelayanan perizinan penanaman modal. Dengan adanya perencanaan dan pengembangan penanaman modal diharapkan tumbuhnya penanaman modal nasional maupun daerah, sehingga memberikan dampak positif terhadap nasional dan daerah.

                  Untuk memacu investor agar menanamkan investasinya di Batam,maka  Pemerintah Kota Batam telah melakukan langkah-langkah sejak tahun 2001,dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Walikota Batam No:Kpts.315/HK/IX/2001 tentang Pembentukan Pusat Pelayanan Perizinan Usaha (One Strop Service) Kota Batam. Dimana Badan Penanaman Modal Kota Batam sebagai Koordinator bagi Dinas,Badan dan Kantor yang terlibat dalam Pusat Pelayanan Perizinan Usaha (OSS).Untuk kelancaran Operasional OSS,maka dituangkan dalam kegiatan yang melekat dalam bidang Pelayanan.Badan Penanaman Modal juga Melakukan Promosi Investasi dengan mengikuti berbagai event-event pameran dalam maupun luar negeri. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Pengembangan Jaringan kerjasama Dunia Usaha dalam dan luar negeri.