TUPOKSI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BATAM.

Berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Lembaga lain.

Tugas:

Melaksanakan,mengkoordinasikan dan penyusunan kebijakan daerah di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu dan melaksanakan

tugas lain    yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Fungsi:

  • Penyusunan program dan kegiatan badan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  • Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan perencanaan dan evaluasi, urusan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian;
  • Perumusan kebijakan teknis di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu;
  • Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang promosi dan kerjasama investasi, bidang data dan informasi investasi,bidang pengawasan dan pengaduan,  bidang perizinan ekonomi dan sosial ,bidang perizinan pembangunan dan lingkungan hidup;
  • Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu;
  • Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  • Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis dalam lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

 

Tupoksi bagian Sekretariat:

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Sekretariat yang berbasis kinerja;
  2. Mengkoordinasikan rencana program kerja dan kegiatan badan;
  3. Menyusun perumusan kebijakan umum dan teknis dibidang sekretariat;
  4.  Mengkoordinasikan perumusan kebijakan umum dan teknis badan;
  5. Mengkoordinasikan penyusunan rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kinerja, rencana kegiatan, dan anggaran badan;
  6. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi di lingkungan badan;
  7. Menyusun rencana kerjasama badan
  8. Menyusun penetapan kinerja badan;
  9. Menyusun laporan keuangan  badan;
  10. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan  badan;
  11. Melaksanakan analisis dan menyajikan data badan;
  12. Menerapkan dan mengembangkan sistem informasi badan;
  13. Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan badan;
  14. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja badan;
  15. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  16. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan badan;
  17. Menyiapkan bahan dan menatusahakan bidang penanaman modal;
  18. Mengelola keuangan, kepegawaian, surat menyurat, kearsipan, administrasi umum perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  19. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;
  20. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;
  21. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan sekretariat; dan
  22. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup, tugas dan fungsinya;

Tupoksi Bidang Promosi dan Kerjasama Investasi.

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan dibidang Promosi dan Kerjasama Investasi yang berbasis kinerja;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis  di bidang promosi dan kerjasama investasi;
  3. Menyusun  penetapan kinerja bidang promosi dan kerjasama investasi dalam dan luar negeri;
  4. Menyelenggarakan kegiatan promosi dalam dan luar negeri , pencarian peluang investasi serta melaksanakan kerjasama  investasi dalam dan luar negeri ;
  5. Melaksanakan publikasi ,penyebarluasan informasi serta peluang investasi dalam dan luar negeri;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan promosi dan kerjasama investasi dalam dan luar negeri bagi pengembangan penanaman modal dan investasi didaerah;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang promosi penanaman modal ;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan bidang promosi dan kerjasama investasi dalam dan luar negeri; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

Tupoksi Bidang Pengawasan dan Pengaduan

  1. Menyusun rencana program kerja dan  kegiatan bidang pengawasan dan pengaduan yang berbasis kinerja;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis dibidang pengawasan dan pengaduan;
  3. Menyusun  penetapan kinerja bidang pengawasan dan pengaduanl;
  4. Melaksanakan pemantauan realisasi pelaksanaan dan evaluasi perkembangan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu;
  5. Melaksanakan pengkajian dan penilaian atas laporan kegiatan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu secara berkala;
  6. Melaksanakan bimbingan/pembinaan dalam penanaman modal;
  7. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait tentang permasalahan dibidang pengawasan dan pengaduan;
  8. Mengendalikan dan melaksanakan norma, estándar, pedoman dan petunjuk operasional dibidang pengawasan dan pengaduan;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan bidang pengawasan dan pengaduan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

Tupoksi Bidang Data dan Informasi

  1. Menyusun rencana Program Kerja dan kegiatan di bidang Data dan Informasi Investasi yang berbasis kinerja;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis dibidang Data dan Informasi Investasi ;
  3. Menyusun Penetapan Kinerja dibidang Data dan Informasi Investasi;
  4. Menyelenggarakan dan mengelola sistem informasi investasi;
  5. Mengendalikan dan melaksanakan norma, estándar, pedoman dan petunjuk operasional dibidang pengawasan dan pengaduan;
  6. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan bidang pengawasan dan pengaduan;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

Tupoksi Bidang Sosial dan Ekonomi

  1. Menyusun rencana Program Kerja dan kegiatan di bidang perizinan ekonomi dan sosial yang berbasis kinerja;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis dibidang  perizinan ekonomi dan sosial;
  3. Menyusun Penetapan Kinerja dibidang perizinan ekonomi dan sosial;
  4. Melaksanakan pelayanan perizinan di bidang ekonomi dan sosial;
  5. Melaksanakan penelitian dan penilaian serta penyelesaian permohonan perizinan di bidang perizinan ekonomi dan sosial;
  6. Melaksanakan koordinasi proses Pelayanan Terpadu Satu Pintu dibidang perizinan ekonomi dan sosial;
  7. Melaksanakan Penetapan Retribusi yang harus di bayarkan;
  8. Mengendalikan dan melaksanakan norma, estándar, pedoman dan petunjuk operasional dibidang pengawasan dan pengaduan;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan bidang pengawasan dan pengadua;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

Tupoksi Bidang Perizinan Pembangunan dan Lingkungan Hidup

  1. Menyusun rencana program kerja dan  kegiatan bidang pembangunan  dan Lingkungan Hidup yang berbasis kinerja;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis dibidang  pembangunan  dan Lingkungan Hidup;
  3. Menyusun Penetapan Kinerja bidang pembangunan  dan Lingkungan Hidup;
  4. Melaksanakan pelayanan perizinan di bidang pembangunan  dan Lingkungan Hidup;
  5. Melaksanakan penelitian dan penilaian serta penyelesaian  perizinan di bidang pembangunan  dan Lingkungan Hidup;
  6. Melaksanakan koordinasi proses Pelayanan Terpadu Satu Pintu dibidang perizinan di bidang pembangunan  dan Lingkungan Hidup;
  7. Melaksanakan Penetapan Retribusi yang harus di bayarkan;
  8. Mengendalikan dan melaksanakan norma, estándar, pedoman dan petunjuk operasional dibidang pengawasan dan pengaduan;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan bidang pengawasan dan pengaduan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;