Berita Terbaru

PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) 2013

Tingginya tingkat lalu Lintas kendaraan bermotor pada ruas jalan tertentu serta dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna jalan khususnya para Pejalan Kaki yang akan melintas, maka dalam rangka meningkatkan keselamatan, kelancaran dalam berlalu lintas di butuhkan sarana penyeberangan orang di anggap aman dan layak dari segi teknis.

Maksud kegiatan te2rsebut di atas adalah agar terbangunnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sesuai kebutuhan pengguna jalan. Adapun tujuan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang ini untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan, khususnya Pejalan Kaki yang akan menyeberangi jalan sekaligus melancarkan arus Lalu Lintas Jalan.

(ada 1 (satu) unit).

Pada Tahun 2013 Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang lokasi di depan MKGR / SP Plaza Batu Aji Kota Batam.


BUS TRANS BATAM

bus trans batam Sejak Tahun 2004 telah diterapkan Bus Pilot Project yang dikenal dengan nama Trans Batam sebagai model Bus umum perkotaan di Kota Batam. Saat ini telah tersedia 22 Bus yang melayani 2 (dua) Trayek Utama.

1. Koridor I : Sekupang – Batam Centre dengan Jarak Tempuh 22,5 Km di layani dengan 10 Bus / Hari (masing-masing 8 rit / Hari), memiliki 24 Halte.

2. Koridor II : Batu Aji – Batam Centre dengan Jarak Tempuh 22 Km di layani dengan 8 Bus / Hari (masing-masing 8 rit / hari), memiliki 20 Halte.

Memiliki 3 (Tiga) Transfer Point

1. Tanjung Uncang (Fanindo)

2. Sekupang (Pelabuhan Ferry Internasional)

3. Batam Centre (Pelabuhan Ferry Internasional)

Pengelolaan Bus Trans Batam Terhitung Desember 2013 dikelola oleh UPT Pelayanan Jasa Transportasi, berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor : 30 Tahun 2013 tanggal 22 Mei 2013 tentang Pembentukan UPT Pelayanan Jasa Transportasi pada Dinas Perhubungan Kota Batam. Manajemen Pengelolaan selanjutnya akan ditingkatkan menjadi sistem BLUD dan BUMD sesuai kebutuhan.

Tahun 2014 telah dibentuk kesepakatan (MOU) dengan Bank BRI tentang penggunaan Kartu Single Trip, Kartu Multi Trip dan e-ticketting.

 

BRI 1

 


SOSIALISASI PERATURAN LALU LINTAS

Sosialisasi Peraturan Lalu Lintas

Transportasi merupakan sektor pendukung dalam setiap aktivitas manusia, untuk mendapatkan pelayanan yang baik harus adanya sistem penggerakkan yang efektif dan efisien bagi pengguna jalan.

Menyadari pentingnya peranan transportasi , maka lalu lintas dan angkutan jalan harus di tata dalam suatu sistem transportasi nasional secara terpadu dan mampu mewujudkan tersedianya jasa transportasi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan lalu lintas dan pelayanan angkutan yang tertib, nyaman, cepat , teratur lancar dan dengan biaya yang terjangkau oleh daya beli masyarakat. untuk itu perlu adanya sosialisasi UU No. 22 Th 2009 tentang UU lalu Lintas  kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan penjelasan tentang kedisiplinan dan etika berkendaraan Angkutan umum, angkutan barang dan maysarakat pengguna transportasi sehingga tercipta tertib lalu lintas dan meningkatnya keamanan , kenyamanan berlalu lintas serta dapat menunjang minat wisatawan ke Batam.

Pada tahun 2014 kegiatan ini dilkasanakan di lima kecamatan yaitu; Kecanatan Batu Ampar, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Lubuk Baja , Kecamatan Batu Aji dan terahir Kecamatan Sekupang. Dalam kegiatan ini Dinas Perhubungan melibatkan ibu-ibu PKK dan Siswa/i sekolah SMP dan SMA sederajat.

 

 

 

 

 

 

 

 


Diklat Dasar Transportasi Darat Bagi Non Aparatur

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Batam Imam Muslem menutup secara resmi pelaksanaan Diklat Dasar Transportasi Darat Bagi Non Aparatur Angkatan I Tahun 2013, Jumat (26-06 /03) kemarin. Kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Ball Room  Hotel Mercure Batam itu ditandai dengan pemberian sertifikat kepada peserta diklat.
Diklat ini sendiri diikuti 30 peserta dari Pegawai Honorer Bidang Lingkup Terminal, Perparkiran dan Operasional di Dinas Perhubungan Kota Batam Dalam kesempatan itu Imam Muslem menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, Khususnya Pusbang SDM Perhubungan Darat  karena telah menggelar kegiatan diklat tersebut. “Kiranya diklat ini dapat memantapkan kinerja para pegawai honorer non aparatur di lapangan, “Apa yang sudah disampaikan oleh semua instruktur dapat dijadikan bekal ilmu pengetahuan untuk bisa dipakai dan dilaksanakan, sehingga peserta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi di bidang masing-masing khusus nya pada bidang Pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara seorang peserta Andra dari Bidang Laut dan Udara Kota Batam di sela-sela penutupan mengatakan, sangat senang mengikuti diklat tersebut dan berharap ilmu dari diklat bisa diterapkan dalam tugas dan tanggung jawab di lapangan.

Diklat ini sendiri sebelumnya dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Drs. Zulhendri, MSi pada tanggal 24 Juni 2013. Para pemateri menyampaikan materi mengenai Peraturan Perundang-undangan, Pengaturan Lalu Lintas Jalan, Karakteristik Lalu Lintas, Fasilitas Perlengkapan Jalan, Pengaturan Parkir dan Pengaturan Terminal oleh narasumber.(ANtok)


Batam Diselimuti Kabut Asap, Pak Wakil Walikota Batam Bagikan Masker Gratis di Jalan

BATAM, Wakil Wali Kota Batam, Rudi turun ke jalan membagi-bagikan masker gratis kepada pengendara. Pasalnya, kabut asap kiriman di Batam semakin tebal, atau di atas batas ambang wajar, Kamis (20/6/2013) sore.

Rudi bersama rombongan SKPD lingkungan Pemko Batam membagikan sebanyak 230 ribu masker secara cuma-cuma. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya penyakit, khususnya gangguan pernapasan karena udara yang tercemar asap kiriman.

“Masker gratis ini akan dibagi kepada warga sampai kondisi udara di Batam normal,” kata dia, sembari membagikan masker langsung kepada pengendara di Simpang Jam.

 

 

 

Dijelaskannya, kondisi udara Batam saat ini mencapai 630 microgrm/m3. Sementara baku mutu yang diperbolehkan 230 microgrm/m3. Untuk kondisi normal 70 microgram/m3. Data ini diperoleh berdasarkan alat ukur Partikulat di udara.

“Pembagian masker ini, kita usahakan dari anggaran tak terduga. Intinya untuk membantu masyarakat Batam supaya tidak terjadi gangguan pernapasan akibat asap ini,” sebutnya.

Pembagian masker gratis ini dilakukan di Simpang Kabil, Simpang Jam dan Simpang Lippo Nagoya. (http://www.batamtoday.com/)


PAM Tour De Barelang 2012

Pemko Batam  akan menggelar Tour de Barelang 2012, Minggu (16/12). Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata serta mengenalkan lebih luas lagi dunia pariwisata Batam ke kancah nasional dan internasional.

 

Tour de Barelang 2012 yang baru pertama kali digelar ini akan diikuti pembalap-pembalap dari luar negeri dan lokal (Indonesia). Ada beberapa kategori yang disiapkan panitia, yakni kategori profesional (sepeda sport) dan amatir. Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB itu rencananya akan dibuka oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan.

“Kalau internasionalnya, peserta dari luar seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filiphina dan lainnya sudah ada puluhan yang konfirmasi ikut. Untuk yang amatir, selain dari Batam dan daerah-daerah lain di Kepri juga ada peserta yang dari Duri, Pekanbaru, Bekasi dan Jawa serta banyak lagi. Peserta diperkirakan mencapai 400 orang,” ujar Pak Wakil Walikota Batam H. Rudi,SE,MM, Rabu (12/12).

Peserta Tour de Barelang akan memulai lomba dengan mengambil garis start di Jembatan 6 dan finish di Jembatan 1. “Peserta berikut sepedanya nanti akan kita antar dengan bis ke Jembatan 6. Dari sana baru dimulai menuju garis finish di Jembatan 1 sebagai pusat acara,” katanya.

Kegiatan Tour de Barelang pun, kata Pak Wakil Walikota Batam, bukan cuma diisi balap sepeda profesional tapi juga ada funbike, jalan santai dan swimming crossed bridge. Tak lupa, panitia juga menyiapkan berbagai hiburan yang salah satunya senam Gangnam Style yang akan dipandu Nita Talia dari Jakarta.

Sementara, untuk lomba berenang, turut juga didukung oleh Tuah Sakti 134. Peserta nanti akan start di kawasan Pantai Dendang Melayu di Jembatan 1 dengan rute melintasi Pulau Aur untuk mengambil poin dan kembali finis di Dendang Melayu.



Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan tarif parkir berlangganan tahunan mulai Senin (29/10). Peluncuran parkir berlangganan dilakukan oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan ditandai pemasangan stiker pada mobil dinas Pemko Batam.

Tarif Retribusi parkir di tepi jalan umum per satu tahun dikenakan biaya Rp300 ribu untuk bus/truk, Rp250 ribu untuk mobil penumpang/van/pick up/taksi serta Rp100 ribu untuk sepeda motor roda dua dan tiga. Hal ini tertuang dalam pasal 30 Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 1 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengeluarkan Surat Edaran Walikota Batam Nomor: 550.01/PHB/008/X/2012 tanggal 03 Oktober 2012 dimana seluruh pegawai Pemko Batam dihimbau untuk memanfaatkan system parkir tahunan sekaligus sebagai wahana sosialisasi. “Selanjutnya secara bertahap seluruh pemilik kendaraan bermotor di Kota Batam agar memanfaatkan juga system parkir tahunan,” kata Dahlan.

Pak Walikota memaparkan stiker parkir tahunan dapat diperoleh dengan mudah, hanya menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di konter-konter yang disiapkan Dishub Kota Batam. Untuk sementara konter yang dibuka berada di lobby lantai dasar kantor Walikota Batam dan UPTD Pelayanan parkir Dishub Kota Batam setiap jam kerja. “Dalam waktu dekat akan dibuka konter di Kecamatan untuk memudahkan masyarakat,” paparnya.

Dengan penggunaan stiker ini, pemilik kendaraan tidak lagi membayar ke juru parkir setiap parkir di tepi jalan. “Jadi tidak ada bayar retribusi lagi. Kalau ada jukir yang nagih, laporkan namanya ke Dishub,” ujar Pak Walikota.

Menurut Pak Walikota, pemilik kendaraan lebih diuntungkan jika menggunakan stiker parkir tahunan karena berapa banyak parkir, pemilik kendaraan tak perlu mengeluarkan receh untuk bayar parkir. “Selama ini, yang banyak dikelauhkan masyarakat, parkir di satu kawasan hanya berbeda toko namun ditagih kembali uang parkir. Ini menyalahi aturan,” sebutnya

Pak Walikota menuturkan, pemberlakuan parkir berlangganan akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam. “Seperempat jumlah kendaraan di Batam menggunakan parkir berlangganan, PAD Kota Batam dari sektor pajak bisa mencapai Rp25 miliar,” akunya.

Pak Walikota kembali menegaskan, parkir berlangganan hanyalah opsi yang bisa dipilih masyarakat dan tidak bersifat paksaan. “Selain parkir langganan, masyarakat boleh memilih parkir yang dipungut juru parkir setiap kali parkir,” imbuhnya.


Rapat Koordinasi dan Evaluasi Rutin Bulanan dilingkungan Dinas Perhubungan Kota Batam

Pembahasan :

1. Pelaksanaan Penyembelihan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1433H
tetap dilaksanakan di kantor Dinas Perhubungan ( Koordinator Bpk. Saroni )

2. Sesuai Surat Edaran Walikota Batam, setiap SKPD harus mengikuti Pawai Takbir
dengan membawa mobil hias yang disesuaikan dengan Tupoksi Dinas Perhubungan
(Koordinator : Heryanto Yoesoef, SE )

3. Laporan hasil survey potensi parkir khusus agar disampaikan pada pimpinan,
hal ini harus menjadi perhatian kita semua karena izin parkir khusus diterbitkan
oleh Dinas Perhubungan, sehingga naif jika data parkir khusus tidak dimiliki.

4. Launching parkir tahunan bagi pegawai Pemerintah Kota Batam agar dipersiapkan
sebaik – baiknya, karena Bapak Walikota Batam sangat mendukung dan telah menyatakan
kesediaannya untuk menghadiri Launching tersebut, direncanakan bersamaan dengan
kegiatan Apel Pagi Bersama Hari Senin (Koordinator : Bpk Sekdis Perhubungan)

5. Sesuai Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Serta Menteri Dalam
Negeri,diwajibkan setiap Instansi Publik membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), agar Kepala Bidang,
Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian memberikan dukungan untuk pembuatan SOP tersebut ( Koordinator :
Bpk. Sekdis Perhubungan )

6. Dalam waktu dekat hasil evaluasi kelembagaan Dinas Perhubungan akan selesai, diminta seluruh staf tidak
terpengaruh karena hasil tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menyesuaikan dengan
tuntutan perkembangan, biarkan mengalir apa adanya dan tetap bekerja seperti biasa.

7. Mengingat bulan ini sudah memasuki bulan pertama triwulan terakhir tahun anggaran 2012, agar KPA dan PPTK
memberikan perhatian yang serius terhadap kegiatan yang dilaksanakan, terutama laporan realisasi fisik dan
keuangan harus diatas 70 %.

8. Sesuai jadwal diperkirakan pada akhir Oktober atau awal November akan dilaksanakan pemeriksaan reguler oleh
Inspektorat Kota Batam, agar dipersiapkan SPJ dan dokumen pendukung lainnya.

9. Optimalisasi PAD 2012 harus menjadi perhatian, khususnya PAD Parkir ditepi jalan umum yg belum mencapai 50%
(telah diterbitkan Nota Dinas Optimalisasi PAD kepada masing – masing penanggung jawab retribusi )

10.Kabid Laut dan Udara agar mempersiapkan pertemuan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap
permasalahan yang ada di Pelabuhan Tg. Riau ( Pertemuan dilaksanakan di Balai Pertemuan Tanjung Riau )

11.Berlarut – larutnya penyelesaian ganti rugi tertabraknya jembatan 6 Barelang disebabkan banyak berbagai
pihak yang ingin mengambil kesempatan, oleh karena itu segera dibuat undangan pertemuan yang ditanda tangani
Bapak Sekretaris Daerah untuk membahas finalisasi proses penyelesaiannya.

12.Selaku penanggung jawab bidang transportasi kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna 2012, Kabid Teksar dan
Jajaran mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis pengumpulan dan pendistribusian kendaraan
operasional tamu – tamu dari seluruh provinsi, salah satu persiapan yang harus segera dilaksanakan adalah
kebersiihan halaman kantor Dinas Perhubungan sebagai tempat pool kendaraan.

13.Salah satu usulan kegiatan 2013 adalah membangun gedung Bidang Lalin dan Angkutan menjadi 2 lantai untuk
dipersiapkan sebagai ruang kerja UPT dilingkungan Dinas Perhubungan sekaligus ruang pertemuan yang bias
menampung seluruh pegawai Dishub.

14.Sekretaris Dishub diminta mempersiapkan proses pengusulan pembentukan UPT Trans Batam, selanjutnya UPT PKB
dan UPT Terminal.

15.Hari Senin tanggal 8 Oktober 2012 ada kegiatan dengar pendapat dengan Komisi II DPRD Kota Batam permasalahan
laporan Forum Komunikasi Supir Angkutan tentang pungutan retribusi tanda uji kiur (sticker) sebesar Rp
40.000 (sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2012)

16.Tindak lanjut penyelesaian Pansus LKPJ 2011 masalah parkir ditepi jalan umum agar dipersiapkan dan
dikoordinasikan dengan sebaik – baiknya, terutama dokumen yang belum diserahkan kepada Pansus ( dikoordinir
oleh Bambang Sucipto, SH )


Kegiatan Kadishub Kota Batam dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di bulan suci Ramadhan 1432 H, Dinas Perhubungan Kota Batam, mengumpulkan anak yatim dari Panti Asuhan Daarul Aitam di Kota Batam. Hal itu dilakukan dalam rangka penyerahan santunan dan paket sembako bantuan sosial di bulan Ramadhan. Santunan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Drs. Zulhendri, Msi, di Panti Asuhan Daarul Aitam, Jumat (13/7).


KADISHUB MENYAPA

Assalammu’alaikum,,,

Kecelakaan Lalu lintas secara umum disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Manusia, jalan dan lingkungan.

Faktor manusia adalah faktor yang dominal menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Setiap kecelakaan pasti diawali dari adanya pelanggaran-pelanggaran yang terkesan sepele yang justru sering membawa pihak terkait untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan.

1. Kepala Bidang Teknik Sarana

a. Meningkatkan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang berorientasi kepada aspek keselamatan kendaraan.

b. Meningkatklan pengawasan administrasi perizinan kendaraan di terminal

c. Meningkatkan pengawasan kelaikan kendaraan di terminal.

2. Kepada DPC Organda agar lebih meningkatkan pembinaan kepada para anggotanya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa serta peningkatan kepedulian pengusaha terhadap aspek keselamatan.

3. Kepada para pengusaha angkutan agar melakukan pengawasan yang ketat terhadap awak-awak kendaraan, kelaikan kendaraan serta penerapan sistem prosedur operasional secara benar, khususnya yang berkaitan langsung dengan aspek keselamatan

Atas perhatian dan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas jalan saya ucapkan terima kasih.

wassalam,,,





Ubah ke tampilan mobile