PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA TRANSPORTASI LAUT

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jembatan, Undang – undang no. 17 tahun 2008 tentang pelayaran, PP 61 tahun 2009 tentang kepelabuhan, Jembatan / Pelabuhan sebagai salah satu prasarana Transportasi yang mempunyai peranan dalam hal distribusi ekonomi mulai dari yang berskala lokal, regional maupun nasional yang bertujuan untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dan meningkatnya tarap kehidupan masyarakat.

2014-02-06 00.22.06 Bidang Prasarana Pelabuhan mempunyai arah kebijakan membangun dan mengembangkan jaringan prasarana transportasi, terutama daerah Hinterland untuk meningkatkan dan memperlancar arus mobilitas orang dan barang terutama hasil produksi yang dihasilkan daerah tersebut.

Sementara itu terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah berkaitan dengan penyelenggaraan Pelabuhan, diantaranya :

  1. Kondisi Pelayanan dan penyediaan bidang infrastruktur saat ini jauh di bawah harapan semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu sasaran umum bidang pembangunan prasarana       adalah mengembalikan kemampuan pelayanan prasarana kepada kondisi selayaknya dan meningkatnya kapasitas dan kualitas pelayanan infrastruktur untuk daerah – daerah yang perekonomiannya berkembang pesat dan membutuhkan dukungan pelayanan prasarana.
  2. Masih banyaknya ruas Pelabuhan yang belum dibangun / ditingkatkan.
  3. Dengan kemampuan keuangan Pemerintah yang terbatas, kebijakan Pembangunan Infrastruktur diarahkan kepada meningkatnya optimalisasi Pengguna dana perintah untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Untuk menyikapi hal diatas pada tahun 2013 Pemerintahan Kota Batam melalui Dinas Perhubungan telah membangun 2 (dua) Unit Pembangunan dengan lokasi Pulau Akar dan Galang Baru Kecamatan Galang.



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>