RENSTRA SKPD

MAKSUD DAN TUJUAN

Tujuan Renstra

Tujuan renstra yang disusun oleh Dinas Perhubungan Kota Batam ini adalah sebagai pedoman dalam melaksankan visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya serta berpedoman kepada RPJMD Kota Batam serta bersifat indikatif.

Renstra juga merupakan target kualitatif organisasi, sehingga pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan dan kegagalan organisasi. Dengan tersusunnya Renstra ini maka akan jelas bagi organisasi arah yang akan dituju.

Dari tujuan Renstra pada umumnya yang tertulis di atas, dapat disampaikan bahwa tujuan dari penyusunan Renstra SKPD ini adalah:

  1. Sebagai dokumen dasar/acuan penyusunan kebijakan 5 (lima) tahunan Dinas Perhubungan Kota Batam untuk mengakomodir visi, misi, program dan sasaran Kepala Daerah yang telah ditetapkan yang disinergikan dengan visi dan misi organisasi.
  2. Sebagai pedoman dan alat kendali kinerja dalam pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2012 – 2016.

Maksud Renstra

Perumusan Renstra merupakan jawaban akan perubahan lingkungan strategis yang sangat cepat dan sulit diprediksi, sehingga kebutuhan akan renstra menjadi sangat penting.Adapun maksud Renstra yaitu :

  1. Untuk merencanakan perubahan dalam lingkungan yang semakin kompleks.
  2. Untuk pengelolaan keberhasilan. Perencanaan Strategik akan menuntun diagnosa organisasi terhadap pencapaian hasil yang diinginkan secara objektif.
  3. Untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, karena pola-pola pelayanan yang perlu diselenggarakan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat
  4. Untuk meningkatkan komunikasi baik vertikal maupun horizontal antar unit kerja sehingga mendorong proses pengambilan keputusan dalam percapaian tujuan organisasi

Adapun alur pemikiran yang termaktub dalam dalam Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Restra-SKPD) haruslah mengacu pada isu strategis yang mendukung Visi dan Misi Walikota yang diterjemahkan dalam Visi dan Misi SKPD. Visi dan Misi SKPD ini memuat strategi dan kebijakan, tujuan dan sasaran, program dan menggambarkan indikasi kegiatan dengan mengantisipasi perkembangan masa depan sesuai dengan tugas dan fungsi kerja perangkat daerah, yang disusun dengan berpedoman pada rumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan bersifat indikatif, sehingga pada akhirnya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Penjabaran dari Rencana Strategis (Renstra-SKPD) adalah Rencana Kerja (Renja-SKPD) yang harus mempunyai keselarasan rumusan substansi yang ditekankan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan untuk dapat melihat konsistensi antara Renstra SKPD dan Renja SKPD, maka dokumen Renja SKPD haruslah mempunyai keterkaitan pokok-pokok isi dari Renstra SKPD tersebut seperti isu strategis, visi, misi, strategi dan kebijakan maupun tujuan dan sasarannya. Sedangkan program SKPD haruslah mempedomani rumusan program RPJMD. Kegiatan yang direncanakan pada Renstra SKPD harus juga berpedoman pada indikasi kegiatan pada Renstra SKPD dan mempunyai keselarasan rumusan substansi yang ditekankan pada RKPD.

SASARAN

Untuk dapat melaksanakan kegiatan seperti tertuang dalam Renja SKPD maka disusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA SKPD), yaitu Dokumen Perencanaan dan Penganggaran yang berisikan program dan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya.

Sasaran pembangunan transportasi nasional Tahun 2010-2014 adalah:

1.  Meningkatnya keselamatan, keamanan, dan pelayanan sarana dan prasarana transportasi sesuai Standar Pelayanan Minimal;

2. Meningkatnya aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan sarana dan prasarana transportasi guna mendorong pengembangan konektivitas antar wilayah;

3.  Meningkatnya kapasitas sarana dan prasarana transportasi untuk mengurangi backlog dan bottleneck kapasitas infrastruktur transportasi;

4.  Peningkatan kualitas SDM dan melanjutkan restrukturisasi kelembagaan dan reformasi regulasi;

5.  Meningkatkan pengembangan teknologi transportasi yang efisien dan ramah lingkungan sebagai antisipasi terhadap perubahan iklim.

Strategi

1.  Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi secara bertahap dan sistematis

2.  Menyediakan sarana dan prasarana transportasi secara terpadu dan comprehensive

3.  Memelihara sarana dan prasarana transportasi darat, laut dan udara yang telah ada

4.  Optimalisasi pembinaan dan bimbingan teknis kepada para penyedia/operator jasa transportasi

5.  Meningkatkan sistem pelayanan transportasi secara terpadu

6.  Meningkatkan kerjasama pemerintah kota dan swasta dalam pelayanan jasa transportasi

7.  Menyediakan sistem informasi dan komunikasi lalu lintas dan angkutan berbasis teknologi secara bertahap

8.  Meningkatkan kualitas aparatur melalui pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan guna terwujudnya pelayanan prima

Kebijakan

Kebijakan dalam upaya mencapai sasaran, tujuan, misi dan visi Dinas Perhubungan Kota Batam adalah sebagai berikut :

1   Mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia  Perhubungan yang propfesional untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa Perhubungan;

2.  Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Transportasi Yang Responsive Terhadap Perkembangan Global.

3.  Menciptakan Lalu Lintas Angkutan Darat, Laut, Udara Yang Lancar, Tertib, Efektif dan Menjamin Efisiensi Yang Mempunyai Daya Saing Global.





Ubah ke tampilan mobile