STANDAR PELAYANAN

Standar Pelayanan Pengguna atau Pemustaka pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam :

  1. Prosedur Pelayanan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) :

(1) Pemustaka sebelum memanfaatkan bahan pustaka diwajibkan menuliskan registrasinya ke Buku register Bahan Pustaka. Apabila pemustaka ingin menjadi peserta keanggotaan aktif perpustakaan umum Kota Batam diharuskan mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

(2) Pelaksana pelayanan pustaka (Pustakawan) memproses permohonan pemustaka untuk menjadi peserta keanggotaan perpustakaan umum daerah setelah persyaratan diterima lengkap dan benar dibuatkan draft kartu anggota.

(3) Kepala seksi perpustakaan meneliti persyaratan dan memberikan paraf persetujuan pada kartu anggota perpustakaan apabila telah memenuhi ketentuan dan jika belum dikembalikan kepada pemohon.

(4) Kepala Kantor mensahkan Kartu Keanggotaan perpustakaan umum Kota Batam.

(5) Pelaksana pelayanan pustaka memberikan legalisasi cap pada Kartu Anggota Pustaka atau setelah selesai disampaikan kepada pemustaka atau pemohon sesuai ketentuan pelayanan.

(6) Pemustaka yang telah memiliki kartu anggota dapat melakukan peminjaman buku dengan jumlah sesuai dengan ketentuan pengelolaan perpustakaan umum kota batam dan sebelum buku di bawa keluar kantor untuk dimintakan bukti pinjam.

(7) Pelaksana pelayanan pustaka meregister pemeinjaman dalam buku register pemeinjaman bahan pustaka dab setelah di catat secara lengkap, buku diserahkan pada pemustaka.

(8) Pemustaka wajib mengembalikan buku tepat waktu dan apabila terlambat dikenakan denda sesuai dengan ketentuan perpustakaan umum Kota Batam.

(9) Pustakawan membuat surat tagihan apabila peminjam tidak mengembalikan dalam batas waktu yang ditentukan agar bahan pustaka segera dapat dikembalikan oleh pemustaka.

(10) Pengembalian bahan pustaka oleh peminjaman atau pemustaka untuk diregister dalam buku register kembali bahan pustaka oleh pelaksana pelayanan pustaka.

Dari Standar Operasional Prosedur diatas, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pengguna perpustakaan antara lain sebagai berikut :

  1. Jam Buka Layanan :

(1) Hari Senin s/d Kamis Pukul 08.00 WIB – 15.30 WIB ( istirahat pukul 12.00 WIB s/d 13.00 WIB).

(2) Hari Jum’at Pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB ( istirahat pukul 11.30 WIB s/d 13.00 WIB).

(3) Hari Sabtu Pukul 08.00 WIB – 11.30 WIB ( Piket sabtu siaga).

(4) Hari Minggu dan Hari – hari besar nasional yang berlaku LIBUR.

  1. Layanan Keanggotaan :

(1) Persyaratan Anggota Tetap :

(a) Warga Negara Indonesia dan memiliki kartu tanda pengenal (KTP/SIM/Pasport bagi umum, kartu pelajar bagi siswa, kartu mahasiswa bagi mahasiswa atau identitas lainnya).

(b) Berdomisili di Batam.

(c) Bersedia mematuhi peraturan yang berlaku di Perpustakaan Umum.

(2) Cara Pendaftaran menjadi Anggota Tetap :

(a) Mengisi Buku Tamu.

(b) Mengisi formulir keanggotaan dan diketahui oleh RT bagi masyarakat umum, Kepala sekolah bagi pelajar, Dekan bagi mahasiswa dan Kepala Jawatan / Instansti Pemerintah / Swasta bagi karyawan.

(c) Menyerahkan pas foto berwarna / hitam putih ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar.

(d) Menyerahkan 1 (satu) lembar foto copi Identitas diri (KTP, SIM, Pasport, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa).

(3) Persyaratan Anggota Tidak Tetap :

(a) Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing dan memiliki tanda pengenal (KTP, SIM, Pasport atau identitas lainnya).

(b) Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Umum.

(c) Berdomisili di Batam atau diluar Batam.

(4) Peminjaman Buku :

(a) Jumlah maksimal buku yang dipinjam 2 (dua) buah, termasuk baca ditempat.

(b) Peminjaman buku berlaku selama 7 (tujuh) hari.

(c) Perpanjangan peminjaman maksimal 1 (satu) kali.

(d) Khusus buku referensi tidak dapat dipinjamkan, hanya baca ditempat.

(5) Tata tertib pengguna layanan Perpustakaan :

(a) Kewajiban anggota :

1) Mengisi buku tamu.

2) Menyerahkan kartu anggota atau menyerahkan kartu tanda pengenal bagi anggota baca ditempat sebagai jaminan.

3) Menitipkan tas atau barang bawaan pada petugas.

4) Tidak membawa makanan atau minuman kedalam ruang baca.

5) Tidak merokok didalam ruang baca.

6) Tidak membawa senjata tajam.

7) Tidak mencoret, merusak fasilitas perpustakaan terutam buku.

8) Tidak membuat keributan atau mengganggu kenyamanan dalam ruang baca.

(b) Hak – hak anggota :

1) Mendapatkan layanan yang baik dari petugas.

2) Mendapatkan informasi tentang koleksi buku yang dibutuhkan baik secara manual maupun lewat kartu catalog.

3) Mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam membaca.

4) Mengajukan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kemajuan perpustakaan dan Anggota berhak memperoleh koleksi yang dibutuhkan sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

(c) Sanksi – Sanki :

1) Denda keterlambatan setiap pengembalian 1 (satu) buku perhari Rp. 500,-.

2) Apabila buku hilang atau rusak, anggota wajib mengganti atau membayar sesuai dengan harga buku terbaru.

3) Petugas berhak memberikan peringatan apabila anggota tidak mematuhi aturan yang berlaku dengan :

a) Peringatan pertama berupa anjuran.

b) Peringatan kedua berupa teguran.

c) Peringatan ketiga berupa pemberhentian sementara mejadi anggota perpustakaan selama 6 (enam) bulan.

(6) Cara Pengguna Baca di Tempat :

(a) Mengisi Buku Tamu.

(b) Menyerahkan tanda pengenal

  1. Waktu Penyelesaian

Waktu penyelesaian dalam pembuatan kartu anggota 1 (satu) minggu jika persyaratan sudah lengkap dan dalam hal peminjaman buku, Pustakawan memberikan penjelasan kepada pemustaka bahwa buku yang dipinjam maksimal 2 (dua) buah buku diberikan waktu peminjaman selama 7 (tujuh) hari dan apabila pemustaka ingin memperpanjang peminjaman buku kembali, harus memberitahukan kepada petugas pustakawan dengan ketentuan maksimal 2 (dua) kali masa perpanjangan peminjaman buku, apabila hal tersebut tidak dilaksanakan maka pihak Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam akan melakukan tindakan berupa sanksi denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku (point 5 butir c, tata tertib pengguna layanan perpustkaaan).

 

  1. Biaya Pelayanan

Dalam memberikan pelayanan, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam tidak melakukan pemungutan biaya atau gratis kepada pengguna yang ingin meminjam buku dan menjadi anggota perpustakaan.

  1. Produk Pelayanan

Produk Pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam berdasarkan jenis layanan yang ada pada Kantor tersebut yaitu :

(1) Layanan Perpustakaan Keliling (Layanan terbuka) dengan cara mengunjungi daerah hinterland yang sudah bekerja sama dengan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam.

Produk layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling untuk pengguna antara lain:

(a) Layanan sirkulasi, berupa layanan pemberian kesempatan bagi anggota perpustakaan keliling untuk meminjam bahan pustaka yang dapat dibawa pulang sesuai dengan peraturan yang ada. Peminjaman hanya diberikan kepada pengunjung yang sudah terdaftar menjadi anggota perpustakaan keliling

(b) Layanan referensi, berupa layanan penelusuran informasi. Layanan ini mengacu pada bahan-bahan referensi seperti kamus, ensiklopedi, direktori, dan sebagainya

(c) Layanan membaca di perpustakaan, berupa layanan bagi pengunjung yang tidak bermaksud meminjam buku, namun hanya membaca saja maka disediakan tempat (pos) layanan. Agar layanan ini dapat berjalan dengan baik seyogyanya disediakan tempat membaca seperti kursi, karpet yang ditempatkan di luar mobil seperti di bawah pohon yang rindang yang dapat diawasi secara langsung oleh petugas

(d) Layanan jasa informasi, berupa layanan yang menggunakan sumber-sumber yang ada di perpustakaan keliling maupun yang ada di luar. Untuk memenuhi kebutuhan informasi terbaru bagi masyarakat, perpustakaan keliling perlu menyediakan bahan bacaan.

Pada saat ini Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam sudah bekerja sama dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan dalam proses menyediakan Pos – Pos Perpustakaan yang ada di daerah hinterland berjumlah 8 (delapan) Pos yaitu sebagai berikut :

1) Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang.

2) SMPN 22 Tanjung Kertang, Kecamatan Galang.

3) Kelurahan Setokok, Kecamatan Galang

4) Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Batam Kota.

5) Rumah Tokoh Masyarakat Batu Besar, Kecamatan Nongsa.

6) Pulau Buluh, Kecamatan Bulang.

7) Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang.

8) SDN 01 Belakang Padang, Kecamatan Belakang Padang.

(2) Layanan Tertutup yaitu Layanan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam yang bertempat di lantai 7 (tujuh) Kantor Walikota Batam. Adapun produk layanan tertutup tersebut adalah sebagai berikut :

(a) Layanan Peminjaman Bahan Pustaka (layanan sirkulasi), yaitu layanan kepada pemakai perpustakaan berupa peminjaman bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan. Menurut Darmono (2007:174) layanan sirkulasi adalah satu kegiatan di perpustakaan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku. Menurut Sumardji (2001:27), kegiatan pelayanan sirkulasi adalah kegiatan meminjamkan koleksi perpustakaan kepada para pemakai (pengunjung) perpustakaan.

(b) Layanan Referensi, yaitu layanan yang diberikan oleh perpustakaan untuk koleksi-koleksi khusus seperti kamus, ensiklopedi, almanak, direktori, buku tahunan yang berisi informasi teknis dan singkat. Koleksi ini tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung dan hanya untuk dibaca di tempat.

(c) Layanan Ruang Baca, yaitu layanan yang diberikan oleh perpustakaan berupa tempat untuk melakukan kegiatan membaca di perpustakaan. Layanan ini diberikan untuk mengantisipasi pengguna perpustakaan yang tidak ingin meminjam untuk dibawa pulang akan tetapi mereka cukup membacanya di perpustakaan.

(d) Layanan Jasa Informasi

(e) Layanan Jasa Silang Layan

  1. Sarana dan Prasarana :

Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam sejak bulan Januari 2008 telah menempati Gedung Lantai 7 (tujuh) Kantor Walikota Batam lokasi ini kurang strategis sebagai salah satu kantor yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sarana dan Prasarana untuk Aparatur belum tersedia sesuai dengan jumlah Pegawai saat ini. Sarana untuk pelayanan kepada masyarakat sudah tersedia, antara lain :

  1. Ruang Kepala Kantor Perpustakaan.
  2. Ruang Kepala SUB Bagian Perpustakaan.
  3. Ruang Kerja Staf.
  4. Jumlah koleksi bahan pustaka yang terdiri dari Koleksi referensi dan ilmu umum lainnya sebanyak 30.012 judul
  5. Ruang Baca Dewasa dan Anak – anak.
  6. Mobil Operasional perpustakaan keliling 2 (dua) unit mobil yang mana mobil tersebut untuk saat ini dioperasikan ke daerah – daerah hinterland (Daerah yang susah di jangkau dari Perpustakaan Induk ).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *