Sejarah

             Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, berada di lokasi strategis Kota Batam, tepatnya di Jalan R. Soeprapto Blok D No 1-9 Batu Aji Batam.

RSUD Embung Fatimah berangkat dari sebuah Puskesmas Rawat Jalan yang dioperasionalkan pada tanggal 8 Oktober 1986 bernama Puskesmas Batu Aji. kemudian pada tahun 1988 statusnya berubah menjadi Puskesmas Rawat Inap dengan 6 (enam) tempat tidur. Puskesmas Batu Aji setahap demi setahap berkembang seiring dengan makin beragamnya jenis pelayanan yang ditawarkan dan sesuai dengan disiplin ilmu tenaga medis yang dimiliki Puskesmas Batu Aji, sehingga Puskesmas batu Aji berubah statusnya menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Batu Aji kelas D milik Pemerintah Kota Batam berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 799/Menkes/SK/VII/2004 dan disahkan oleh WaliKota Batam pada tanggal 11 Oktober 2004.

Status Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam Pada tahun 2006 merupakan Lembaga Teknis Daerah dalam Bidang Pelayanan Kesehatan, hal ini berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam No.1 Tahun 2006 tanggal 20 Januari 2006 tentang pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah. Status Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam pada tahun 2010 berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor KPTS 351/HK/XII/2009 tentang Penetapan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam.
Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam pada awal berdiri memiliki 30 tempat tidur dan saat ini mempunyai 56 tempat tidur yang terdapat di beberapa ruang perawatan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan rujukan dan semakin tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang baik dan memuaskan, maka Pemerintah Daerah Kota Batam terus mengembangkan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam. Pada Tahun 2010 Pemerintah Kota Batam telah menyelesaikan pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam dengan kapasitas 240 tempat tidur.