Get Adobe Flash player

i
by in Kegiatan

DSC_1358

POL PP – Tim dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam yang ikut dalam gerak jalan beregu yang digelar oleh Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam menjadi pusat perhatian warga batam.

Acara yang dimulai rabu pagi dengan garis start dan finish didepan kantor Walikota Batam itu diikuti oleh 445 regu. Satpol PP sendiri mengutus 7 regu yang mewakili 7 pleton.

Untuk memeriahkan event tahunan ini setiap regu dari Satpol PP memakai kostum yang berbeda. Regu 1 memakai baju daster dengan topi pantai. Regu 2 dan 5 mengenakan kaos Satpol dengan ikat kepala hitam dan sarung tangan hitam. Untuk regu 3 mereka memilih memakai kaos bola dan kain sarung serta kacamata hitam dan peci hitam. Sementara regu 4 mengenakan kostum nusantara. Mereka menjadi pusat perhatian warga karena mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah seperti Jawa, Batak, hingga Papua. Kostum regu 6 atau tim dari Praja Khusus (Prasus) hampir sama dengan regu 2 dan 5, hanya saja mereka mengenakan ikat kepala bermotiv batik. Tidak mau ketinggalan, praja wanita juga ikut serta dalam lomba gerak jalan beregu ini, mereka mengenakan pakaian dinas luar mereka lengkap dengan sarung tangan putih.

Rici, sebagai ketua regu dari praja wanita mengaku sangat senang bisa ikut andil dalam gerak jalan beregu yang dibuka oleh Kepala Kanpora Batam, Syaiful Bahri. “Biar lelah tapi saya bangga bisa ikut serta dalam moment tahunan ini,” ungkapnya. Rici dan 10 praja wanita lainnya mengambil kategori 8 KM dengan rute Pemko Batam – Bundaran BP Batam – Hotel 01 – Simpang Bundaran Madani – Simpang BNI – Simpang Frengki – Pemko Batam.

Sementara itu Syaiful Bahri mengatakan, lomba ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu jarak tempuh 5 KM, 8 KM, dan 17 KM. Kategori 5 KM diikuti peserta dari siswa-siswi Sekolah Dasar, ibu-ibu PKK, Dharma Wanita, serta pegawai perempuan di perbankan, asuransi, dan perhotelan. Kategori 8 KM diikuti siswa-siswi SMP dan SMA/SMK, pegawai putera dan puteri SKPD Pemko Batam, dan anggota PGRI puteri. Sedangkan kategori 17 KM untuk peserta SMA/SMK putera, mahasiswa, OKP, TNI, Polri, Ormas, Pramuka, pegawai instansi, serta dinas.

“Kategori 5 KM ditempuh dalam waktu 60 menit, 8 KM 96 menit, dan 17 KM 204 menit,” kata Syaiful saat melepas peserta gerak jalan di depan Kantor Walikota Batam.

Para peserta memperebutkan hadiah total Rp 197,5 juta. Peringkat yang diambil yaitu juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, dan 3 di tiap kategori. Kemudian panitia juga menyiapkan dua hadiah untuk peserta terfavorit di kategori 5 dan 8 KM, serta satu peserta favorit kategori 17 KM. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Ikatan Guru Olahraga Kota Batam.

Editor by : Devi & Rifky

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68, Satuan Polisi Pamong Praja mempersiapkan mengikuti gerak jalan 17 km yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam pada hari Rabu tanggal 27 Agustus 2013. Kegiatan gerak jalan tersebut diikuti oleh seluruh sekolah SLTA, Perguruan Tinggi, Instansi pemerintah dan masyarakat umum.

Diselenggarakannya gerak jalan 17 km tersebut bertujuan untuk mengingat dan menapaktilasi gerakan para pejuang kemerdekaan dan tentu juga untuk membentuk rasa nasionalisme pada diri. Sehingga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut mampu meningkatkan karakter kebangsaan dan kedisiplinan bagi proses pendidikan.

Satuan Polisi Pamong Praja  mengusulkan  4 regu yang mengikuti kegiatan tersebut,. Masing- masing regu dipilih dan di koordinasikan, Untuk tampil dengan baik, telah dilakukan persiapan dua minggu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, persiapan fisik dan non fisik, latihan baris berbaris dan pembekalan mental.

Filosofi dari jarak tempuh gerak jalan sejauh 17 km diambilkan dari tanggal kemerdekaan 17 Agustus 1945, sehingga seringkali ada penyelenggaraan gerak jalan sejauh 8 km, 17 km dan 45 km. Sehingga diharapkan seluruh peserta mampu mengambil nilai-nilai perjuangan dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Editor by : Rifky

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Sebelum memulai aktifitas, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam berolahraga, Jum’at (27/06/2014) pagi. Kegiatan ini diawali dengan lari pagi keliling satu putaran yang dimulai dari depan Kantor Satpol PP kearah Pombensi Bundaran Tuah Madani selanjutnya kearah Sekolah Yos Sudarso dan berakhir kembali di Kantor Satpol PP. Meski cuaca gerimis namun anggota Satpol PP berlari dengan semangat. Usai berlari satu putaran, personil Satpol PP baik putra maupun putri melenturkan tubuh mereka dengan senam. Tidak lupa yel-yel dilontarkan sebagai penyemangat.

Kegiatan ini dilakukan agar anggota Satpol PP tidak mudah loyo dan tetap kuat. Selain itu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan sesama anggota Satpol PP baik senior maupun junior. Olahraga pagi yang dilakukan sebelum memulai aktifitas ini dilakukan Satpol PP setiap seminggu sekali.

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Menjelang bulan suci Ramadhan 1434 H, Satuan Polisi Pamong Praja menggelar kegiatan silaturahmi dan syukuran bersama di Mako Satpol PP (25/06/13). Tak hanya itu, kegiatan yang digelar ini guna untuk mempererat hubungan silaturahmi antar sesama anggota di Lingkungan Satpol PP Kota Batam. Pada kesempatan itu, Kasat Pol PP Kota Batam mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah sudih berpartisipasi untuk mengikuti acara silaturahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1435H/2014M.

“Saya se-keluarga para Kabid dan Kasi mengucapkan maaf lahir batin dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Dan semoga kehadiran anggota-anggota  pada silahturahmi ini, dibalas dengan kebaikan dan pahala dari Allah SWT,” ucap Hendri Kasat Pol PP Kota Batam (9/7/13).

“Ramadhan adalah bulan penuh Rahmat dan Ampunan serta banyak kelebihan. Oleh sebab itu setiap orang yang beriman diwajibkan melaksanakan ibadah puasa seperti yang dijelaskan didalam Alquran Surat Albaqarah:183. Mari kita sambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Bulan Ramadhan adalah tamu Allah yang paling istimewa dan mulia karna bulan Ramadhan juga dikenal dengan sebutan seribu bulan, karena Ramadhan adalah bulan maghfiroh dan penuh ampunan, bulan keberkahan, dan disebut sebagai bulan yang suci,” katanya.

Selain itu dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan Satuan Polisi Pamong Praja juga mengundang Ustad H.Ahyar, S.Ag untuk memberika ceramah dalam kegiatan tersebut adapun yang disampaikan oleh bapak Ustad mengenai datangnya bulan Suci Ramadhan.

 

 

 

 

Terakhir Kasat Pol PP menyampaikan, selama bulan Ramadhan, mari bertekad kuat untuk menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan ikhlas dan berusaha memahami tuntunan-tuntunannya dengan menghidupkan upaya – upaya tholabul ilmi (menuntut ilmu) agar dapat merasakan hikmah dari bulan penuh berkah ini. Dan terakhir pada kegiatan silaturahmi pagi ini ditutup dengan makan-makan bersama di Mako Satpol PP Kota Batam.

 

 

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

 POL PP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam menerima kunjungan kerja Satpol PP Kota Banjarmasin, Senin (23/06) pagi. Rombongan yang dipimpin oleh Kasatpol PP Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik diterima oleh Sekretaris Satpol PP Batam, Syamsuri. Mereka ingin bertukar informasi seputar sistem dan pencapaian kerja yang telah dihasilkan oleh Satpol PP Batam selama ini.

Kasatpol PP Banjarmasin juga membawa serta Kabid Trantibum, Apiluddin Noor, Kabid PPUD, Syamsuri dan Kasi Operasional, Dany Matera Saputra dalam kunjungan pertamanya ke Batam ini. Ichwan Noor Chalik merasa kagum dengan gaung kinerja Satpol PP Batam yang terdengar hingga keluar kota. Sistem kerja dan kedisiplinan Satpol PP Batam dinilai sangat bagus. Salah satunya saat menangani penertiban dan aksi demonstrasi dari berbagai kalangan. “Saya kagum dengan Satpol PP Batam yang bisa meredam aksi demonstrasi sehingga tidak membuat jelek nama Satpol dan Batam tetap kondusif,” ujarnya.

Pria yang telah menjabat sebagai Kasatpol PP lebih dari 3 tahun itu juga berharap Satpol PP Batam bisa bersilaturahmi ke kotanya. “Saya sangat berharap kalian bisa datang ke kantor kami yang juga masih menyewa. Tapi bukan untuk studi banding karena kalian jauh lebih maju dari kami. Kalian datang untuk silaturahmi saja kami sudah sangat senang,” sambungnya.

Kabid Trantibum Satpol PP Batam, Syafrul menjawab pertanyaan Kasi Opersional Satpol PP Banjarmasin, Dany Matera Saputra seputar pola pengawasan dan sistim kerja patroli yang diterapkan di Satpol PP Batam. Syafrul mengatakan, di Batam ada 6 pleton. “Sistem kerja di gilir perpleton selama satu minggu. Ada yang dinamakan pleton wilayah mereka khusus untuk patroli, kemudian pleton standbye yang berjaga-jaga di mako dan satu lagi pleton jam malam yang bertugas dari jam 7 malam sampai jam 7 pagi,” jelasnya.

Kabid SDA Satpol PP Batam, Hendra Felani menambahkan, di Satpol PP Batam ada pleton khusus yang dinamakan Praja Khusus (Prasus). “Kami punya prasus yang telah dibekali dengan ilmu beladiri dan PHH. Jadi kalau ada demo-demo mereka berada dibarisan paling depan dan maju duluan untuk melindungi asset-aset pemerintah,” terangnya. “Untuk membedakan prasus dan pleton yang lain kami telah membaiat mereka dengan penyematan pin prasus yang berwarna merah yang ada di dada kanan anggota,” sambungnya.

Rombongan Satpol PP Banjarmasin merasa sangat terkesan dengan penjelasan yang diberikan oleh perwira-perwira Satpol PP Batam, demikian juga sebaliknya. Sebagai bentuk terima kasih karena telah menerima kedatangan mereka, Satpol PP Banjarmasin memberikan kenang-kenangan berupa plakat yang diserahkan langsung oleh Kasatpol PP Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik kepada Sekretaris Satpol PP Batam, Syamsuri. Mereka menanti kehadiran Kasatpol PP Batam di Banjarmasin beserta rombongan.

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Ustadzah Yusnidar mengisi tausiah dalam kegiatan Dharma wanita (Dw) Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Kamis (19/06) siang di halaman Kantor Satpol PP Batam Centre. Dalam ceramahnya Ustdz Yusnidar mengungkapkan pentingnya mensucikan hati dan jiwa dalam menyambut bulan ramadhan yang akan segera tiba.

“Bulan ramadhan itu sangat suci, sehingga kita perlu membersihkan hati kita dengan meminta maaf kepada orangtua, suami, istri dan sesama agar ibadahnya nanti tidak ditangguhkan oleh Allah SWT tapi langsung diterima” syiar Ustdz Yusnidar.

Dalam ceramahnya, Ustdz Yusnidar juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, manusia yang telah meninggal dunia akan dibebaskan dari siksa kubur selama satu bulan puasa. “Makanya ada doa kubur, keluarga yang ditinggalkan berdoa untuk orang yang sudah meninggal sebelum ramadhan agar yang meninggal diampuni dasa-dosanya,” sambung Ustdz Yusnidar lagi.

Sementara itu ketua DW Satpol PP Kota Batam, Tengku Fetti mengatakan sengaja mengundang penceramah karena sebentar lagi akan menghadapi bulan suci ramadhan. “Dalam kegiatan DW kali ini sengaja diisi oleh ceramah Ustdz Yusnidar untuk memberikan tausiah yang semoga bermanfaat menjelang puasa,” katanya.

Kegiatan DW menjelang puasa ini diakhiri dengan bersalam-salaman antara istri pegawai dan anggota Satpol PP Kota Batam.

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Akibat hujan deras yang disertai angin kencang kamis (12/06) dinihari, ratusan umbul-umbul dan spanduk Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXV roboh. Puluhan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam dikerahkan untuk memperbaiki atribut MTQN XXV yang tumbang tersebut.

Menurut Adel seorang anggota Satpol PP, disepanjang jalan mulai dari wilayah Batam Centre, Sei Panas, Lubuk Baja, Nagoya hingga Jodoh banyak umbul-umbul dan spanduk MTQN XXV yang roboh. “Kami tancap lagi kayu umbul-umbul yang roboh ke tanah. Kalau kayunya patah kami perbaiki dengan tali yang sudah disediakan,” ujar wanita bertubuh tinggi besar itu.

Anggota Satpol PP yang berangkat dengan 3 lori mulai menyisir sejak pukul 9 pagi. Mereka dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Andi Rifai untuk merapikan umbul-umbul dan spanduk MTQN XXV yang jatuh dan rusak diterjang angin kencang. Hingga berita ini diturunkan mereka masih memperbaiki umbul-umbul yang roboh disepanjang jalan yang ada di Kota Batam.

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam terlibat langsung dalam pengamanan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXV yang dimulai sejak 5 Juni 2014 hingga 13 Juni 2014 mendatang. Seluruh personil dikerahkan untuk mengamankan beberapa titik yang menjadi lokasi perlombaan MTQN. Diantaranya, Astaka Utama, Asrama Haji, Gedung BP Batam, Aula Politeknik Batam, Aula Kampus Universitas Batam, Aula Sekolah Harapan Utama dan Gedung LAM.

Masing-masing lokasi di jaga ketat oleh anggota Satpol PP baik putra maupun putri. Hal ini ditujukan untuk menjaga kelancaran perlombaan 2 tahunan sekali itu. Anggota yang diturunkan ke sejumlah lokasi mulai dari 7 orang hingga 25 orang anggota disetiap titik.

Kasatpol PP Batam, Hendri, S.Sos mengatakan, semua anggota Satpol PP turun langsung ke lapangan. “Satpol PP yang bertugas tidak hanya selama pelaksanaan MTQ berlangsung, tapi juga dua minggu sebelum MTQ dimulai mereka sudah berjaga-jaga,” terangnya.

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam berhasil menaklukan pasukan Yonif 134 Tuah Sakti dengan skor 6-2 dalam pertandingan persahabatan futsal yang digelar Jumat pekan lalu. Pemain-pemain andalan Satpol PP berhasil membobol gawang yonif dalam 2 babak dilapangan futsal Astoria Batam Centre.

Baru 8 menit berjalan, pemain dari Satpol PP yang mengenakan kaos hitam berhasil menjebol gawang yonif berkaos merah. Tidak lama berselang, pemain satpol PP kembali berhasil merobek gawang lawan sehingga skor menjadi 2-0. Tidak terima kebobolan 2 gol, pemain dari Yonif membalas dengan 1 gol. Pertandingan semakin memanas karena Satpol PP berhasil kembali mencetak 2 gol hingga skor berubah menjadi 4-1. Setelah 2 sesi, pertandingan persahabatan yang baru pertama dilakukan di tahun 2014 antara Satpol PP vs Yonif ini berakhir dengan skor 6-2.

Kabid Sumber Daya Aparatur Satpol PP, Hendra Felani, SSTP. M.Si yang juga ikut bertanding sebagai penyerang mengaku bangga bisa mengalahkan yonif dengan 4 skor lebih unggul. “Alhamdulillah kita bisa mengalahkan Yonif dengan skor akhuir 6-2. Ini tidak saya sangka sebelumnya melihat kekuatan Yonif juga perlu diperhitungkan. Tapi saya bersyukur dengan pemain gabungan antara senior dan junior dari Satpol PP berhasil menjebol gawang yonif dengan skor yang cukup memuaskan,” ujarnya usai pertandingan.

Hendra mengatakan, Komandan Regu Yonif mengaku akan membalas kekalahan mereka dengan mengadakan pertandingan persahabatan futsal yang kedua dalam waktu dekat dilapangan futsal Astoria Batam Centre.

(more…)

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Menjelang Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXV yang hanya tinggal sepekan lagi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam kembali bergotong royong (Goro), Jumat (30/05) pagi. Kali ini goro dilakukan di kawasan Pelita Kecamatan Lubuk Baja. Pasukan Satpol PP yang mengenakan baju hitam membersihkan sampah mulai dari terowongan, pom bensin hingga persimpangan kantor Telkom.

Anggota Satpol PP membawa sendiri alat-alat kebersihan seperti sapu, pengki, gunting rumput, parang dan cangkul. Sampah-sampah yang terkumpul dimasukkan kedalam plastik yang kemudian diangkut oleh mobil pengangkut sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Satpol PP dalam menyambut event MTQN XXV yang akan dibuka pada 5 Juni 2014 mendatang. Moment yang telah ditunggu-tunggu oleh warga Batam itu rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono.

(more…)

No Comments Share Read More