Get Adobe Flash player

i
by in Kegiatan

IMG20140901112004

 

 POL PP – Puluhan pedagang yang menjajakan dagangannya dengan gerobak yang berada di row jalan ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam dalam patroli rutin, Senin (01/09). Saat penertiban tidak ada penolakan dari para pedagang. Pasalnya, mereka mengakui berdagang dilokasi yang tidak semestinya. Para pedagang dengan segera mengemas dan membawa pergi dagangannya menjauh dari lokasi yang dilarang.

Dalam patroli rutin hari ini, 3 pleton diturunkan untuk menyisir wilayah Batam. Pleton 1 ke wilayah Batu Aji, Sagulung, Sekupang dan Tiban. Pleton 2 menyisir wilayah Batam Centre di mulai dari Legenda, KDA hingga Botania dan wilayah Kecamatan Nongsa. Sementara pleton 3 melakukan patrol ke wilayah Nagoya dan Jodoh.

Dalam patrol rutin hari ini anggota Satpol PP tidak mendapati anak-anak punk maupun pengemis yang berkeliaran dijalan. Sementara para pedagang gerobak yang berada di row hanya mendapat arahan untuk tidak berjualan lagi di tempat yang dilarang oleh pemerintah. (dv)

 

IMG20140901111706 IMG20140901110540

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

DSC_1577POL PP – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Kota Batam berunjuk rasa didepan gedung Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan gedung DPRD Batam, Kamis (29/08) pagi. Mereka berkomitmen untuk memperhatikan dan mengawasi kinerja anggota DPRD Kota Batam yang baru yang akan dilantik siang ini.

“Kami sebagai mahasiswa akan terus mengawasi kinerja kalian. Janji-janji kalian saat kampanye harus ditunaikan,” kata salah seorang mahasiswa yang tengah berorasi.

Dalam selebaran yang mereka bawa, mahasiswa ini menuntut janji-janji politik anggota dewan terpilih untuk melaksanakannya. Diantaranya memperjuangkan pengadaan kursi sekolah, melaksanakan revisi perda kelistrikan Kota Batam dan mengawasi retribusi parkir di Kota Batam.

Untuk menjaga keamanan aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa dari beberapa universitas di Batam ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengirim 3 pleton. Mereka ditempatkan dibeberapa titik untuk menjaga keamanan bersama petugas dari kepolisian.

Saat berorasi beberapa mahasiswa sempat memaksa masuk ke gedung DPRD Batam. Bentrokanpun tak terelakkan antara petugas keamanan dan mahasiswa. Satu orang mahasiswa yang diduga sebagai provokator sempat diamankan. Namun atas permintaan rekan-rekannya, mahasiswa tersebut akhirnya dilepaskan. Merekapun berangsur pulang. (Dv)

Editor by : dv & rky

Photo Kegiatan :

DSC_1561 DSC_1570 DSC_1601

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

DSC_1542

POL PP – Satuan Polisi Pamong Praja (Sattpol PP ) Kota Batam bersama unsure TNI dan Polri yang tergabung dalam tim terpadu menertibkan puluhan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Panbil, Mukakuning, Kamis (28/8). Penertiban yang dimulai sekitar pukul 9 pagi ini sempat mendapat perlawanan dari sejumlah pedagang yang enggan dibongkar lapaknya.

Kabid Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum (Trantibum), Syafrul Bahri mengatakan alasan pemerintah menggusur para PKL tersebut karena kawasan itu akan dibangun Taman Kota. “Dengan adanya PKL dikawasan tersebut membuat lokasi ini tidak rapi. Tanaman hias banyak yang mati. Untuk itu nantinya dilokasi ini akan dipagar dengan kawat,” ujarnya.

Sebelum melakukan pembongkaran, pihaknya sudah tiga kali memanggil para pedagang untuk mengosongkan lahan tersebut, namun mereka tetap berjualan. ” Kami sudah tiga kali memanggil para pedagang untuk membicarakan masalah lahan ini agar tak digunakan untuk tempat berjualan. Tapi, sampai saat masih tetap jualan. Mau tak mau  kita harus gusur sesuai dengan aturan yang ada, penggusuran ini persuasif saja,” katanya lagi.

Untuk menjaga agar tidak ada lagi pelanggaran, maka lokasi ini akan diawasi. Petugas juga akan disiagakan dilokasi ini. “Lahan ini akan kita awasi dan standby selama 24 jam. Hal itu untuk mengawasi para pedagang agar tak ada lagi yang berjualan,” tutupnya. (dv)

 

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

IMG_20140828_101643

POL PP – Kamis, 28 Agustus 2014 bertempat di Jl. Hang Lekir Kec. Nongsa Kota Batam, telah diresmikan ruang terbuka hijau dengan agenda ” GrounddBreaking Kebun Raya Batam”, sekaligus peluncuran Roadmap Pembangunan Kebu Raya sebagai ruang terbuka hijau pada Kawasan perkotaan di Indonesia Tahun 2015 – 2019. Ini merupakan tidak lanjut atas Kesepakatan Bersama antara Kementrian Pekerjaan Umum dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau dalam bentuk Kebun Raya yang telah ditandatangani pada tanggal 26 Agustus 2013 di Serpong.

Peresmian GroundBreaking Kebun Raya Batam ini di hadiri langung oleh Bpk. Kementrian PU beserta jajaran, dan Sekaligus meresmikan Groundbreaking Kebun Raya Batam ini, dan juga dihadiri Langsung oleh Bpk. Gubernur Prov. Kepri dan Bpk. Walikota Batam. Pada kesempatan ini Satuan Polisi Pamong Praja juga turut diundang untuk menghadiri peresmian kebun raya batam ini. “Saya mengharapkan semoga dengan adanya pembangunan kebun raya batam bisa menjadikan andalan visi misi pembangunan kota batam menuju ajang tingkat yang lebih tinggi di kanca internasional” ujar Dian, Kasi Satpol PP.

Penyusunan Roadmap ini dilakukan melalui proses pengumpulan data, dsikusi, dan analisis oleh Tim dari Direktorat Perkotaan-Kementrian PU dan Tim dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor – LIPI untuk menentukan prioritas pembangunan kebun raya 5 tahun kedepan. Selain itu ,telah dilakukan Workshop Penyusunan Roadmap pada tanggal 3-4 April 2014, dengan mengundang 12 pengelola kebun raya dengan bberapa kali interasi dan penyempurnaan. Roadmap ini berisi mengenai arahan pembangunan 12 ( dua belas ) kebun raya dikawasan perkotaan yang dipriopitaskan penanganannya oleh Kementrian Pekerjaan Umu dan Lipi, berserta indikasi pembiayaan setiap tahun. Roadmap akan dijadikan dasar dalam pemrograman dan penganggaran oleh Masing-Masing Pihak, baik dari Kementrian PU maupun pengelola kebun raya sebagai bentuk komitmen bersama dalam pembangunan kebun raya.

Dalam hal ini Bpk.Djoko Kirmanto ( Kementrian Pekerjaan Umum ) menyampaikan “Pemerintah daerah yang mengelola kebun raya dapat berkomitmen secara sungguh-sungguh dan konsisten dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan kebun raya. Dukungan Kementrian PU ini sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 93 Tahun 2011 diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mengembangkan kebun raya, sehingga launching/pembukaan kebu raya dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu dan kriteria yang sudah ditentukan”.

Editor by : rky & dv

Photo Kegiatan :

IMG_20140828_102152 IMG_20140828_102340 IMG_20140828_102514 IMG_20140828_105118

 

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

DSC_1378

POL PP – Tim dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam yang ikut dalam gerak jalan beregu yang digelar oleh Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam menjadi pusat perhatian warga batam.

Acara yang dimulai rabu pagi dengan garis start dan finish didepan kantor Walikota Batam itu diikuti oleh 445 regu. Satpol PP sendiri mengutus 7 regu yang mewakili 7 pleton.

Untuk memeriahkan event tahunan ini setiap regu dari Satpol PP memakai kostum yang berbeda. Regu 1 memakai baju daster dengan topi pantai. Regu 2 dan 5 mengenakan kaos Satpol dengan ikat kepala hitam dan sarung tangan hitam. Untuk regu 3 mereka memilih memakai kaos bola dan kain sarung serta kacamata hitam dan peci hitam. Sementara regu 4 mengenakan kostum nusantara. Mereka menjadi pusat perhatian warga karena mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah seperti Jawa, Batak, hingga Papua. Kostum regu 6 atau tim dari Praja Khusus (Prasus) hampir sama dengan regu 2 dan 5, hanya saja mereka mengenakan ikat kepala bermotiv batik. Tidak mau ketinggalan, praja wanita juga ikut serta dalam lomba gerak jalan beregu ini, mereka mengenakan pakaian dinas luar mereka lengkap dengan sarung tangan putih.

Rici, sebagai ketua regu dari praja wanita mengaku sangat senang bisa ikut andil dalam gerak jalan beregu yang dibuka oleh Kepala Kanpora Batam, Syaiful Bahri. “Biar lelah tapi saya bangga bisa ikut serta dalam moment tahunan ini,” ungkapnya. Rici dan 10 praja wanita lainnya mengambil kategori 8 KM dengan rute Pemko Batam – Bundaran BP Batam – Hotel 01 – Simpang Bundaran Madani – Simpang BNI – Simpang Frengki – Pemko Batam.

Sementara itu Syaiful Bahri mengatakan, lomba ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu jarak tempuh 5 KM, 8 KM, dan 17 KM. Kategori 5 KM diikuti peserta dari siswa-siswi Sekolah Dasar, ibu-ibu PKK, Dharma Wanita, serta pegawai perempuan di perbankan, asuransi, dan perhotelan. Kategori 8 KM diikuti siswa-siswi SMP dan SMA/SMK, pegawai putera dan puteri SKPD Pemko Batam, dan anggota PGRI puteri. Sedangkan kategori 17 KM untuk peserta SMA/SMK putera, mahasiswa, OKP, TNI, Polri, Ormas, Pramuka, pegawai instansi, serta dinas.

“Kategori 5 KM ditempuh dalam waktu 60 menit, 8 KM 96 menit, dan 17 KM 204 menit,” kata Syaiful saat melepas peserta gerak jalan di depan Kantor Walikota Batam.

Para peserta memperebutkan hadiah total Rp 197,5 juta. Peringkat yang diambil yaitu juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, dan 3 di tiap kategori. Kemudian panitia juga menyiapkan dua hadiah untuk peserta terfavorit di kategori 5 dan 8 KM, serta satu peserta favorit kategori 17 KM. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Ikatan Guru Olahraga Kota Batam.

Editor by : Dv & Rky

Photo Kegiatan :

DSC_1328 DSC_1323

DSC_1358 DSC_1385

DSC_1374 DSC_1415 DSC_1429

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68, Satuan Polisi Pamong Praja mempersiapkan mengikuti gerak jalan 17 km yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam pada hari Rabu tanggal 27 Agustus 2013. Kegiatan gerak jalan tersebut diikuti oleh seluruh sekolah SLTA, Perguruan Tinggi, Instansi pemerintah dan masyarakat umum.

Diselenggarakannya gerak jalan 17 km tersebut bertujuan untuk mengingat dan menapaktilasi gerakan para pejuang kemerdekaan dan tentu juga untuk membentuk rasa nasionalisme pada diri. Sehingga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut mampu meningkatkan karakter kebangsaan dan kedisiplinan bagi proses pendidikan.

Satuan Polisi Pamong Praja  mengusulkan  6 Pleton yang mengikuti kegiatan tersebut,. Masing- masing regu dipilih dan di koordinasikan untuk tampil dengan baik, telah dilakukan persiapan dua minggu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, persiapan fisik dan non fisik, latihan baris berbaris dan pembekalan mental.

Filosofi dari jarak tempuh gerak jalan sejauh 17 km diambilkan dari tanggal kemerdekaan 17 Agustus 1945, sehingga seringkali ada penyelenggaraan gerak jalan sejauh 5 km, 8 km, dan 17 km. Sehingga diharapkan seluruh peserta mampu mengambil nilai-nilai perjuangan dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Editor by : rky & dv

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Sebelum memulai aktifitas, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam berolahraga, Jum’at (27/06/2014) pagi. Kegiatan ini diawali dengan lari pagi keliling satu putaran yang dimulai dari depan Kantor Satpol PP kearah Pombensi Bundaran Tuah Madani selanjutnya kearah Sekolah Yos Sudarso dan berakhir kembali di Kantor Satpol PP. Meski cuaca gerimis namun anggota Satpol PP berlari dengan semangat. Usai berlari satu putaran, personil Satpol PP baik putra maupun putri melenturkan tubuh mereka dengan senam. Tidak lupa yel-yel dilontarkan sebagai penyemangat.

Kegiatan ini dilakukan agar anggota Satpol PP tidak mudah loyo dan tetap kuat. Selain itu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan sesama anggota Satpol PP baik senior maupun junior. Olahraga pagi yang dilakukan sebelum memulai aktifitas ini dilakukan Satpol PP setiap seminggu sekali.

Editor by : dv & rky

Photo Kegiatan :

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Menjelang bulan suci Ramadhan 1434 H, Satuan Polisi Pamong Praja menggelar kegiatan silaturahmi dan syukuran bersama di Mako Satpol PP (25/06/13). Tak hanya itu, kegiatan yang digelar ini guna untuk mempererat hubungan silaturahmi antar sesama anggota di Lingkungan Satpol PP Kota Batam. Pada kesempatan itu, Kasat Pol PP Kota Batam mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah sudih berpartisipasi untuk mengikuti acara silaturahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1435H/2014M.

“Saya se-keluarga para Kabid dan Kasi mengucapkan maaf lahir batin dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Dan semoga kehadiran anggota-anggota  pada silahturahmi ini, dibalas dengan kebaikan dan pahala dari Allah SWT,” ucap Hendri Kasat Pol PP Kota Batam (9/7/13).

“Ramadhan adalah bulan penuh Rahmat dan Ampunan serta banyak kelebihan. Oleh sebab itu setiap orang yang beriman diwajibkan melaksanakan ibadah puasa seperti yang dijelaskan didalam Alquran Surat Albaqarah:183. Mari kita sambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Bulan Ramadhan adalah tamu Allah yang paling istimewa dan mulia karna bulan Ramadhan juga dikenal dengan sebutan seribu bulan, karena Ramadhan adalah bulan maghfiroh dan penuh ampunan, bulan keberkahan, dan disebut sebagai bulan yang suci,” katanya.

Selain itu dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan Satuan Polisi Pamong Praja juga mengundang Ustad H.Ahyar, S.Ag untuk memberika ceramah dalam kegiatan tersebut adapun yang disampaikan oleh bapak Ustad mengenai datangnya bulan Suci Ramadhan.

 

 

 

 

Terakhir Kasat Pol PP menyampaikan, selama bulan Ramadhan, mari bertekad kuat untuk menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan ikhlas dan berusaha memahami tuntunan-tuntunannya dengan menghidupkan upaya – upaya tholabul ilmi (menuntut ilmu) agar dapat merasakan hikmah dari bulan penuh berkah ini. Dan terakhir pada kegiatan silaturahmi pagi ini ditutup dengan makan-makan bersama di Mako Satpol PP Kota Batam.

Editor by : rky
Photo Kegiatan :

 

 

 

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

 POL PP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam menerima kunjungan kerja Satpol PP Kota Banjarmasin, Senin (23/06) pagi. Rombongan yang dipimpin oleh Kasatpol PP Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik diterima oleh Sekretaris Satpol PP Batam, Syamsuri. Mereka ingin bertukar informasi seputar sistem dan pencapaian kerja yang telah dihasilkan oleh Satpol PP Batam selama ini.

Kasatpol PP Banjarmasin juga membawa serta Kabid Trantibum, Apiluddin Noor, Kabid PPUD, Syamsuri dan Kasi Operasional, Dany Matera Saputra dalam kunjungan pertamanya ke Batam ini. Ichwan Noor Chalik merasa kagum dengan gaung kinerja Satpol PP Batam yang terdengar hingga keluar kota. Sistem kerja dan kedisiplinan Satpol PP Batam dinilai sangat bagus. Salah satunya saat menangani penertiban dan aksi demonstrasi dari berbagai kalangan. “Saya kagum dengan Satpol PP Batam yang bisa meredam aksi demonstrasi sehingga tidak membuat jelek nama Satpol dan Batam tetap kondusif,” ujarnya.

Pria yang telah menjabat sebagai Kasatpol PP lebih dari 3 tahun itu juga berharap Satpol PP Batam bisa bersilaturahmi ke kotanya. “Saya sangat berharap kalian bisa datang ke kantor kami yang juga masih menyewa. Tapi bukan untuk studi banding karena kalian jauh lebih maju dari kami. Kalian datang untuk silaturahmi saja kami sudah sangat senang,” sambungnya.

Kabid Trantibum Satpol PP Batam, Syafrul menjawab pertanyaan Kasi Opersional Satpol PP Banjarmasin, Dany Matera Saputra seputar pola pengawasan dan sistim kerja patroli yang diterapkan di Satpol PP Batam. Syafrul mengatakan, di Batam ada 6 pleton. “Sistem kerja di gilir perpleton selama satu minggu. Ada yang dinamakan pleton wilayah mereka khusus untuk patroli, kemudian pleton standbye yang berjaga-jaga di mako dan satu lagi pleton jam malam yang bertugas dari jam 7 malam sampai jam 7 pagi,” jelasnya.

Kabid SDA Satpol PP Batam, Hendra Felani menambahkan, di Satpol PP Batam ada pleton khusus yang dinamakan Praja Khusus (Prasus). “Kami punya prasus yang telah dibekali dengan ilmu beladiri dan PHH. Jadi kalau ada demo-demo mereka berada dibarisan paling depan dan maju duluan untuk melindungi asset-aset pemerintah,” terangnya. “Untuk membedakan prasus dan pleton yang lain kami telah membaiat mereka dengan penyematan pin prasus yang berwarna merah yang ada di dada kanan anggota,” sambungnya.

Rombongan Satpol PP Banjarmasin merasa sangat terkesan dengan penjelasan yang diberikan oleh perwira-perwira Satpol PP Batam, demikian juga sebaliknya. Sebagai bentuk terima kasih karena telah menerima kedatangan mereka, Satpol PP Banjarmasin memberikan kenang-kenangan berupa plakat yang diserahkan langsung oleh Kasatpol PP Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik kepada Sekretaris Satpol PP Batam, Syamsuri. Mereka menanti kehadiran Kasatpol PP Batam di Banjarmasin beserta rombongan.

Editor by : dv & rky

No Comments Share Read More
by in Kegiatan

POL PP – Ustadzah Yusnidar mengisi tausiah dalam kegiatan Dharma wanita (Dw) Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Kamis (19/06) siang di halaman Kantor Satpol PP Batam Centre. Dalam ceramahnya Ustdz Yusnidar mengungkapkan pentingnya mensucikan hati dan jiwa dalam menyambut bulan ramadhan yang akan segera tiba.

“Bulan ramadhan itu sangat suci, sehingga kita perlu membersihkan hati kita dengan meminta maaf kepada orangtua, suami, istri dan sesama agar ibadahnya nanti tidak ditangguhkan oleh Allah SWT tapi langsung diterima” syiar Ustdz Yusnidar.

Dalam ceramahnya, Ustdz Yusnidar juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, manusia yang telah meninggal dunia akan dibebaskan dari siksa kubur selama satu bulan puasa. “Makanya ada doa kubur, keluarga yang ditinggalkan berdoa untuk orang yang sudah meninggal sebelum ramadhan agar yang meninggal diampuni dasa-dosanya,” sambung Ustdz Yusnidar lagi.

Sementara itu ketua DW Satpol PP Kota Batam, Tengku Fetti mengatakan sengaja mengundang penceramah karena sebentar lagi akan menghadapi bulan suci ramadhan. “Dalam kegiatan DW kali ini sengaja diisi oleh ceramah Ustdz Yusnidar untuk memberikan tausiah yang semoga bermanfaat menjelang puasa,” katanya.

Kegiatan DW menjelang puasa ini diakhiri dengan bersalam-salaman antara istri pegawai dan anggota Satpol PP Kota Batam.

Editor by : dv

Photo Kegiatan :

 

No Comments Share Read More