Piswan Konsentrasi Persiapkan Generasi Muda Tangguh

PISWAN IMG_7241

Foto Ketua Piswan Kota Batam, Sandra Nuryanto (tengah), saat ditemui diruang kerjanya usai Seminar pendidikan dengan Tema “Mempersiapkan Generasi Muda yang Tangguh di Era Globalisasi” Sabtu, 23/5/2015, bersama Ketua Panitia, Cut Fadliani Hamzah (sebelah kanan) dan Sekretaris Piswan, Asmawati Aman (sebelah kiri).

Batam – Bermacam Kenakalan remaja seperti terlibat Narkoba serta Bullying/intimidasi sudah pasti menjadi momok yang menakutkan bagi orang tua. Terlepas dari semua itu sudah pasti orang tua tidak ingin anak-anaknya terlibat atau menjadi korban. Sangatlah penting peran orang tua dalam membimbing buah hatinya selama proses perkembangan jiwa anak agar tidak terjerumus ke perilaku negatif.

Perkumpulan Istri Dewan (Piswan) Kota Batam bermitra dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPAKB) Kota Batam kembali menggelar Seminar Pendidikan di Lobby Gedung DPRD KOta Batam, dengan tema “Mempersiapkan Generasi Muda yang Tangguh Di Era Globalisasi” dengan nara sumber Kaur Bin Ops Reskrim Polresta Barelang, Puji Astuti(23/5/2015).

Antusias Peserta Seminar yang terdiri dari beberapa perwakilan pengurus OSIS SMP Negeri di Batam, dan pengajar memadati tempat seminar berlangsung. Ketua Panitia, Cut Fadliani Hamzah, dalam kata sambutannya mengatakan pelaksanaan seminar ini sebagai kontribusi nyata Piswan bagi generasi muda di Kota Batam dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2015 Yang lalu. selanjutnya seminar ini lebih menekankan persiapan kompetensi generasi muda yang tangguh di era globalisasi dan bisa bersaing dengan negara lain. “Kepada narasumber, berilah pemahaman, informasi, dan metode, bagaimana adik-adik kita memahami persoalan yang mereka hadapi, sehingga kelak mereka bisa mengantisipasinya,” ujar istri Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Teuku Hamzah Husen.

Ditempat terpisah, ditemuin diruang kerjanya saat usai acara. Ketua Piswan Kota Batam, Sandra Nuryanto, juga mengatakan kegiatan seminar ini merupakan rentetan kegiatan Piswan yang bekerja sama dengan BPPAKB. Menurutnya keterlibatan remaja di Batam dengan Narkoba dan kenakalan remaja sudah sangat memprihatinkan, baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. Untuk Itu kegiatan serupa akan terus dibuatnya bersama BPPAKB. “Masalah ini sudah sangat serius, kami akan tetap konsen dengan permasalahan pendidikan, perempuan dan anak. Ini lah bukti bentuk nyata kami agar pergaulan remaja di Batam tidak lagi terjerumus dengan hal-hal Negatif,” pungkas wanita berdarah Filipina dan Portugis ini. Mengenai Siswa SMP sebagai peserta, menurutnya umur siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah umur transisi dimana pada masa masa seperti ini sering terjadi ketidakstabilan baik itu emosi maupun kejiwaan sehingga banyak melakukan hal yang menyimpang, Seperti perkelahian dan minum-minuman keras, pencurian, perampokan, perusakan/pembakaran, seks bebas bahkan narkoba. Lanjutnya.

Nara Sumber Seminar, Kaur Bin Ops Reskrim Polresta Barelang, Puji Astuti, menyampaikan trend kenakalan remaja di Batam saat ini adalah genk motor, seks bebas,dan Narkoba. Pelaku dan Korban rata-rata berumur 14-17 tahun. Puji juga menuntut orang tua agar melek teknologi dan harus mengenali berbagai macam jenis kenakalan remaja. “Orang tua di jaman sekarang ini wajib melek teknologi, harus tau apa yang dilakukan anak-anaknya di dunia maya. Bullying/Intimidas, pornografi rata-rata banyak terjadi di media Sosial, serta berbagai macam bentuk Narkoba. Perlu diketahui orang tua, Kenakalan remaja seperti Perkelahian sudah masuk dalam tindakan kriminal,” terang Puji.

Sebelumnya seminar pendidikan ini telah di buka dan di resmikan Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Iman Sutiawan, SE didampingi Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Safari Ramadhan, Spdi. Serta dihadiri Kepala BPPAKB Kota Batam, Dra.Hj.Nurmadiah, MPd.(Humas Set.DRPD Kota Batam)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *