Tuntut BPJS, Organisasi Buruh Datangi DPRD

IMG_6845

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH,MH, Memberikan Pemaparan di Tengah-tengah Organisasi Buruh di Halaman Gedung DPRD Kota Batam Terkait Unjuk Rasa Organisasi Buruh Terhadap Buruknya Kinerja BPJS Kesehatan

Batam – Usai menggelar aksi unjukrasa di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan, Batam centre (19/5/2015) puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Sarikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batam untuk menyuarakan aspirasi mereka terkait kinerja BPJS Kesehatan.

Ada empat tuntutan yang disampaikan Koordinator Lapangan, Prapto, di aksi tersebut diantaranya menuntut menolak kenaikan iuran kesehatan, menolak aktifasi kepesertaan BPJS yang begitu lamban, meminta kepada anggota DPRD khususnya Komsisi IV DPRD Kota Batam untuk sidak ke kantor BPJS dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terkait masih banyaknya pekerja yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, dan meminta Disnaker untuk mengusut permasalahan pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak yang banyak dilakukan perusahaan. “Kami tidak minta dibela, tapi kami ingin meminta perusahaan tempat kami bekerja benar-benar komitmen menjalankan Undang-undang Ketenagakerjaan”, Teriak Prapto di halaman gedung DPRD Kota Batam siang tadi.

Selanjutnya ditengah berjalanannya aksi penyampaian aspirasi tersebut, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto,SH,MH, didampingi anggota Komisi IV DPRD KOta Batam, Uba Ingan Sigalingging dan Muhammad Yunus S.pi mendatangi dan mendengar aspirasi yang disampaikan oleh puluhan pekerja tersebut. Nuryanto atau akrab disapa Cak Nur, menyambut baik aksi unjuk rasa ini, menurutnya aksi seperti ini merupakan penyemangat kerja kami sebagai wakil rakyat. “DPRD merupakan bentuk representatif masyarakat Kota Batam, maka Manfaatkan lah kami sebagai wakil rakyat sebagai jembatan menyuarakan semua permasalahan apalagi menyangkut masalah ketenagakerjaan dan jamninan kesehatan”,Ujar Nuryanto ditengah pengunjuk rasa. Selanjutntya Nuryanto berjanji akan segera mengintruksikan Komisi IV DPRD Kota Batam untuk mengundang kembali pihak BPJS, serta dinas-dinas terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Hal yang senada juga disampaikan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Uba Ingan Sigalingging, menurutnya Permasalahan Jaminan Kesehatan dan ketenagakerjaan masih menjadi perhatian khusus di Komisi IV. Uba berharap bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei mendatang bisa menjadi momen bagi BPJS untuk berbenah dalam melayani masyarakat untuk menjadi lebih baik. “Kami terus mendukung sepenuhnya perjuangan kawan-kawan dalam pelayanan dasar, dan terus semangat menyuarakan ini demi kepentingan kita bersama,” ujar Uba. (Humas Set.DPRD Kota Batam)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *