PEMERINTAH KOTA BATAM RAIH PERINGKAT PERTAMA PENGELOLA RUMAH SUSUN SEWA KATEGORI PEMERINTAH DAERAH

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan penghargaan Adiupaya Puritama kepada sejumlah pemerintah daerah (Pemda) dan pengembang yang berhasil mendorong serta meningkatkan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di daerahnya masing-masing. Penghargaan Adiupaya tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa kepada sejumlah kepala daerah serta mitra kerja Kemenpera pada kegiatan Resepsi Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2011 bertemakan “Dengan Sinergi Pusat, Daerah dan Mitra, Kita Wujudkan Rumah Murah Untuk Rakyat” di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (22/9) malam.

Pemerintah Kota Batam dalam hal ini mendapatkan Penghargaan Adi Upaya Puritama Sebagai Peringkat Pertama Pengelola Rumah Susun Sewa – Muka Kuning Kategori Pemerintah Daerah, disusul Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kota Surabaya.

Menpera Suharso Monoarfa mengungkapkan, perumahan ke depan harus menjadi perhatian bagi setiap kepala daerah serta para pemangku kepentingan bidang perumahan baik pengembang serta kalangan perbankan di daerah. Pasalnya, kebutuhan akan rumah bagi masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah selalu mengalami peningkatan. “Masalah perumahan harus menjadi perhatian setiap kepala daerah baik Gubernur, Walikota maupun Bupati di daerah. Sebab kebutuhan rumah masyarakat selalu meningkat,” ujarnya.

Lebih lanjut Suharso Monoarfa menyatakan, pemberian penghargaan Adiupaya Puritama merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Kemenpera kepada daerah-daerah serta mitra kerja yang selama ini telah berhasil mendorong peningkatan program pembangunan perumahan baik di pusat maupun daerah. “Kami sangat mengapresiasi daerah-daerah serta mitra kerja yang telah membantu dalam peningkatan program perumahan di pusat dan daerah. Melalui penghargaan ini (Adiupaya Puritama-red) kami harap bisa mendorong penyediaan rumah di daerah bisa terpenuhi,” harapnya.

Menurut Suharso Monoarfa, masalah perumahan harus diatasi dengan sinergi antara pemerintah pusat, daerah dan mitra. Apalagi, ke depan pemerintah memiliki program rumah murah yang bisa di miliki oleh masyarakat tanpa uang muka dan cicilan yang  murah.

Tujuan pemberian Penghargaan Adiupaya Puritama ini adalah untuk mendorong dan meningkatkan perhatian serta kinerja dalam penyelenggaraan perumahan dan permukiman di daerahnya khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pemda tersebut berhasil lolos verifikasi lapangan serta penilaian administrasi yang dilakukan oleh tim juri.

Pemberian penghargaan Adiupaya Puritama diberikan oleh Kemenpera sejak tahun 2008 lalu dan menjadi agenda tetap tahunan dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang jatuh setiap tanggal 25 Agustus. Dalam pemberian penghargaan ini, Kemenpera bekerjasama dengan beberapa instansi terkait lainnya melaksanakan penilaian kegiatan serta peninjauan lapangan ke sejumlah Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota yang dianggap berhasil dalam menyelenggarakan pengembangan dan pembangunan perumahan dan permukiman di wilayah di daerahnya.

Tim Pemberian Penghargaan Adiupaya Puritama Bidang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota. Tim penilai terdiri dari Tim Pengarah, Tim Juri, Tim Verifikasi Pusat, Tim Daerah dan Sekretariat. Anggota tim merupakan perwakilan dari Kementerian Perumahan Rakyat, Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Perum Perumnas, Asosiasi (Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I), Housing Urban Development (HUD), serta Universitas Indonesia.

 

Beberapa kriteria yang dinilai adalah Rencana Strategis Daerah (Renstrada), penilaian oleh Asosiasi, realisasi Pengembangan Perumahan, kelembagaan Pengembangan Perumahan, pembiayaan Pengembangan Perumahan, pemberdayaan/Kemitraan Masyarakat dan Pengembang, lingkungan, terobosan dan Inovasi. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat lebih mendorong dan memotivasi pemerintah kota dan kabupaten untuk senantiasa meningkatkan upaya penyelenggaraan perumahan dan permukiman di daerahnya.

Selain memberikan penghargaan, Kemenpera dalam kegiatan ini juga melakukan launching Mars dan Hymne Perumahan yang diciptakan oleh Inggrid Widjanarko dan diaransemen oleh Dwiki Dharmawan.

Sumber (“http://www.kemenpera.go.id/?op=news&act=detaildata&id=1159”)

 

 



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

4 Respon untuk “PEMERINTAH KOTA BATAM RAIH PERINGKAT PERTAMA PENGELOLA RUMAH SUSUN SEWA KATEGORI PEMERINTAH DAERAH”


  • Komentar from Rokhim

    Saya Heran..kenapa ya kok masjid di rusun mukakuning urung di bangun yang baru…tolong dunk pak pejabat jangan cuma janji2 ,,dulu tahun 2009 janji mau di bangun…nyatanya..??pepesan kosong ,,,hmmmhmmm.

  • Terima Kasih atas Pernyatan saudara, Rencana Pembangunan Mesjid di Rusun Muka Kuning untuk pendanaannya dianggarkan oleh OB/BP Kawasan.

    M.Dicky ST.MT
    Ka UPT Badan Pengelola Rusunawa

  • Komentar from usman

    Dear,

    Dinas Tata Kota Bata
    up. : Bpk.Dicky ST.MT

    Untuk mendapatkan informasi Penyewaan Rusun di Kawasan Mall TOP 100 Tembesi, bisa hubungi ke siapa ya pak?

    Thanks

  • Terima Kasih atas Perntanyaan saudara,
    Untuk Informasi Penyewaan Rusunawa dapat menghubungi alamat dibawah ini
    Lt Basement Rusunawa Muka Kuning Kec Sei Beduk
    Bpk. Asman
    Pada jam kerja Hari : Senin s/d Jumat 08.00 wib – 16.00 wib/ Sabtu 08.00 wib- 14.00 wib

    Admin


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



Ubah ke tampilan mobile