Rencana Strategis

strategi

MISI I: “Mengembangkan dan meningkatkan kualitassumber daya dan didukung Sarana Prasarana”.

 Misi ini mengandung makna bahwa dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, diperlukan aparatur yang memiliki kompetensi dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan serta didukung sarana prasarana yang memadai.

Untuk itu tujuan yang akan diwujudkan sebagai cermin dari pencapaian misi kesatu ini adalah :

a.    Tujuan 1: Terwujudnya penataan kelembagaan dan peningkatan Kinerja Aparatur serta peningkatan sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi dan kemampuan di bidangnya.

Sasaran    :  Meningkatnya kualitas Sumber Daya Aparatur melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan.

  Terwujudnya tata kerja dan tata laksana kerja aparatur

b.    Tujuan 2   : Terwujudnya pengelolaan administrasi dan keuangan daerah yang akuntabel

Sasaran    :  – Mewujudkan efektifitas & efisiensi pengelolaan keuangan daerah;

  Mendukung upaya Pemko Batam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah dengan predikat “Wajar Tanpa Pengecualian”

 

MISI II: “Meningkatkan kualitas manajemen data dan mengembangkan perumusan kebijakan teknis penataan kota serta sistem informasi yang transparan, akuntabel dan implementatif”

 Misi ini mengandung makna bahwa dalam rangka menyusun dan mengendalikan rencana kota harus disusun antisipatif, akuntabel, dan implementatif sesuai perundang-undangan yang berlaku serta didukung data dan analisis yang baik. Adapun tujuan dari pencapaian misi ini adalah:

a.    Tujuan 1   :  Mewujudkan perencanaan yang efektif dan akurat sehingga implementatif dalam pelaksanaan pembangunan.

Sasaran    :  Terwujudnya perencanaan dengan didukung database melalui survey yang akurat dan koordinasi lintas instansi serta perangkat lunak yang memadai.

b.    Tujuan 2   :  Mewujudkan transparansi pelaksanaan program Dinas Tata Kota.

Sasaran    :  -Terwujudnya transparansi pelaksanaan program dengan mengoptimalkan fungsi web Pemko Batam sebagai media informasi pelaksanaan program Dinas Tata Kota

  Meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap aturan terkait bidang penataan kota melalui sosialisasi

MISI III: “Mengembangkan sistem penataan ruang kota”.

Makna yang terkandung dalam pernyataan misi ini adalah pemerintah Kota Batam dalam mengantisipasi perkembangan kota yang pesat dan dinamis perlu melakukan perencanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang kota yang dapat mewadahi aktifitas dan kegiatan seluruh warganya.

Untuk itu tujuan yang akan diwujudkan sebagai cermin dari pencapaian misi ketiga ini pada akhirnya adalah :

a.    Tujuan 1   :  Mewujudkan penataan ruang yang dinamis antisipatif

Sasaran    :  Terwujudnya perencanaan pemanfaatan penataan ruang secara terpadu, baik di wilayah darat maupun wilayah laut dengan menjabarkan Rencana Tata Ruang Wilayah dalam Dokumen Rencana Detail Tata Ruang, Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan serta Rencana Rinci Tata Ruang.

    Terwujudnya pengendalian pemanfaatan ruang dengan pengawasan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perncanaan tata ruang.

b.    Tujuan 2   :  Menyelenggarakan (membangun, mengoperasionalkan dan merawat) sistem sarana prasarana utilitas kota yang prima dan selaran dengan penataan lingkungan perkotaan yang bersih, hijau, aman dan nyaman.

Sasaran    :  Terwujudnya penyelenggaraan Ruang Terbuka publik yang dapat mewadahi aktifitas formal dan non formal warga kota sesuai pelayanannya.

    Terwujudnya sarana prasarana/fasilitas pejalan kaki/pesepeda yang aman, nyaman, dan estetis.

MISI IV: “Mewujudkan penataan kawasan/lingkungan permukiman beserta sarana dan prasarana pendukung yang berkelanjutan”.

 Misi ini mengandung makna bahwa dalam rangka perencanaan, pembangunan dan pembinaan perumahan dan permukiman, perlu mengedepankan pembangunan berwawasan lingkungan, sehingga sumber daya yang ada tidak hanya dapat dinikmati generasi masa kini, tetapi juga generasi yang akan datang.Untuk mencapai maksud tersebut pembangunan bidang permukiman harus dapat mengantisipasi tuntutan pertambahan penduduk dan kegiatan sosial masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan kebutuhan akan perumahan dan sarana prasarana pendukungnya.

Untuk itu tujuan yang akan diwujudkan sebagai cermin dari pencapaian misi keempat ini pada akhirnya adalah :

a.    Tujuan 1   :  Meningkatkan penyediaan hunian yang layak dan terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan peningkatan kualitas lingkungan hunian serta pengentasan kemiskinan

Sasaran    : – Meningkatnya hunian yang layak dan terjangkau, terutama bagi MBR

    Mendorong dunia usaha menyediakan hunian bagi pekerjanya

    Menurunkan luasan daerah kumuh

b.    Tujuan 2   : Mewujudkan pembangunan hunian yang mendukung efisiensi tata guna lahan.

Sasaran    :  Membatasi pembangunan perumahan ‘landed housing’ (arah horizontal) di kawasan perkotaan dan mendorong pembangunan perumahan ke arah vertikal khususnya di kawasan padat penduduk dan kawasan industry dengan dengan memberikan subsidi dalam berbagai bentuk.

c.    Tujuan 3   : Meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana Infrastruktur dasar permukiman.

Sasaran    :  – Meningkatnya jangkauan PSD Permukiman sederhana dan kawasan permukiman potensial yang akan dikembangkan.

    Menurunkan luasan daerah kumuh

 

MISI V: “Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Bangunan/Gedung”

 Misi ini mangandung makna bahwa dalam rangka perencanaan dan pembangunan bangunan/gedung, perlu mengedepankan keselamatan dan kesesuaian dengan citra kota yang fungsional, selamat, sehat, nyaman, dan aksesibel, serasi dan selaras dengan lingkungannya serta sesuai dengan norma/standar bangunan yang berlaku.

Untuk itu tujuan yang akan diwujudkan sebagai cermin dari pencapaian misi kelima ini pada akhirnya adalah :

a.   Tujuan 1:   Mewujudkan penyelenggaraan (pembangunan dan rehabilitasi) bangunan gedung negara dan bangunan gedung fasilitas umum.

Sasaran   :  Meningkatkan kualitas publik dengan penyelenggaraan bangunan gedung negara dan bangunan gedung untuk fasilitas umum.

b.   Tujuan 1:   Mewujudkan bangunan yang aman dan nyaman serasi dengan lingkungannya.

Sasaran   :  – Mengoptimalkan Tim Ahli Bangunan Gedung

     Meningkatnya bangunan publik yang aman, nyaman, sehat, aksesible, selaras dan serasi dengan lingkungannya dengan penerapan Sertifikat Laik Fungsi.

    Meningkatkan intensifikasi proses perizinan melalui persyaratan administrasi dan teknis sesuai ketentuan.

c.    Tujuan 1:   Mewujudkan pendataan bangunan gedung sebagai upaya penataan bangunan.

Sasaran   :  Terwujudnya pendataan bangunan gedung sebagai sebagai upaya penataan bangunan.

1.Program:Peningkatan Pelayanan Keuangan Daerah

Kegiatan:1.Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran

2.Program:Pembangunan dan Peningkatan fasilitas / sarana dan prasarana perkantoran pemerintah

Kegiatan:1.Peningkatan sarana dan prasarana Aparatur

2.Pembangunan Kantor/Gedung Negara

3.Program:Peningkatan Sumber Daya Aparatur dan Disiplin Aparatur

Kegiatan:1.Peningkatan Sumber Daya Aparatur dan Disiplin Aparatur