TUGAS POKOK DAN FUNGSI

A. Bagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan tugas pengelolaan dan pengendalian tata usaha dan administrasi kepegawaian, tata usaha pimpinan, serta urusan rumah tangga perangkat daerah.

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud,  Bagian Umum mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bagian Umum;
  2. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;
  3. Melaksanakan pengelolaan surat-menyurat, sandi dan telekomunikasi, kearsipan, dan administrasi umum;
  4. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional Sekretariat Daerah;
  5. Melaksanakan pengendalian, pembinaan dan penatausahaan perjalanan dinas di lingkungan Sekretariat Daerah;
  6. Melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang umum;
  7. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bagian Umum; dan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Asisten Administrasi Umum sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

B. Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud tersebut diatas, Bagian Umum terdiri dari :

  1. Sub Bagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan;
  3. Sub Bagian Rumah Tangga.

 

I. Sub Bagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian

Sub Bagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian mempunyai fungsi pelaksanaan tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi, melaksanakan kegiatan, administrasi, monitoring, dan evaluasi di bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian.

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Subbagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi di bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  3. menyusun kebijakan teknis bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  4. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  5. menyusun rencana operasional bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  6. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  7. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  8. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional koordinasi di bidang tata usaha, persandian dan telekomunikasi, dan administrasi kepegawaian;
  9. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Tata Usaha dan Administrasi Kepegawaian; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai lingkup tugas dan fungsinya.

II. Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan

Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi, melaksanakan kegiatan, administrasi, monitoring, dan evaluasi di bidang tata usaha pimpinan.

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Subbagian Tata Usaha Pimpinan;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi di bidang tata usaha pimpinan;
  3. menyusun kebijakan teknis bidang tata usaha pimpinan;
  4. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang tata usaha pimpinan;
  5. menyusun rencana operasional bidang tata usaha pimpinan;
  6. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja bidang tata usaha pimpinan;
  7. melaksanaan urusan administratif yang meliputi penerimaan, pencatatan dan penyampaian naskah dinas, baik yang ditujukan kepada pimpinan maupun pendistribusian naskah dinas dari pimpinan kepada satuan kerja perangkat daerah terkait sesuai disposisi pimpinan;
  8. melaksanakan penataan, pengaturan dan pemeriksaan terhadap semua naskah dinas yang akan ditandatangani oleh pimpinan;
  9. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan terhadap berbagai catatan, arsip, buku, dan dokumentasi yang menjadi keperluan pimpinan;
  10. menyediakan berbagai keperluan ruang pimpinan serta penyiapan bahan dan data yang diperlukan oleh pimpinan;
  11. melaksanakan kerjasama dengan satuan kerja perangkat daerah dalam pembuatan naskah sambutan, tentatif acara, dan agenda pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi satuan kerja perangkat daerah terkait;
  12. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang tata usaha pimpinan;
  13. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional koordinasi di bidang tata usaha pimpinan;
  14. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Tata Usaha Pimpinan; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai lingkup tugas dan fungsinya.
  16. melaksanaan urusan administratif yang meliputi penerimaan, pencatatan dan penyampaian naskah dinas, baik yang ditujukan kepada pimpinan maupun pendistribusian naskah dinas dari pimpinan kepada satuan kerja perangkat daerah terkait sesuai disposisi pimpinan;
  17. melaksanakan penataan, pengaturan dan pemeriksaan terhadap semua naskah dinas yang akan ditandatangani oleh pimpinan;
  18. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan terhadap berbagai catatan, arsip, buku, dan dokumentasi yang menjadi keperluan pimpinan;
  19. menyediakan berbagai keperluan ruang pimpinan serta penyiapan bahan dan data yang diperlukan oleh pimpinan;
  20. melaksanakan kerjasama dengan satuan kerja perangkat daerah dalam pembuatan naskah sambutan, tentatif acara, dan agenda pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi satuan kerja perangkat daerah terkait;

III. Sub Bagian Rumah Tangga

Sub Bagian Rumah Tangga mempunyai fungsi pelaksanaan tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi, melaksanakan kegiatan, administrasi, monitoring, dan evaluasi di bidang rumah tangga.

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Rumah Tangga mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Subbagian Rumah Tangga;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi di bidang rumah tangga;
  3. menyusun kebijakan teknis bidang rumah tangga;
  4. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang rumah tangga;
  5. menyusun rencana operasional bidang rumah tangga;
  6. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja bidang rumah tangga;
  7. melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan gedung kantor, rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota, rumah dinas Sekretaris Daerah, rumah dinas Asisten, dan rumah dinas lainnya;
  8. melaksanakan pemeliharaan kebersihan ruangan dan pekarangan serta penyelenggaraan pengamanan fisik kantor Walikota;
  9. melaksanakan kerjasama dengan satuan kerja perangkat daerah dalam menyiapkan tempat acara, penyelenggaraan upacara pelantikan, rapat-rapat dinas dan pertemuan-pertemuan dinas lainnya;
  10. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang rumah tangga;
  11. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional koordinasi di bidang rumah tangga;
  12. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Rumah Tangga; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai lingkup tugas dan fungsinya.